Harta dan Hak Kepemilikan dalam Perspektif Al Qur'an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Zakiyatul (2019) Harta dan Hak Kepemilikan dalam Perspektif Al Qur'an. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiyatul Munawaroh_E93214102.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Harta dan Kepemilikan dalam Perspektif al-Qur’an, dengan rumusan masalah 1. Bagaimana konsep harta dalam perspektif al-Qur’an? 2. Bagaimana hak kepemilikan harta dalam perspektif al-Qur’an?. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Harta dan hak Kepemilikan yang diambil dari ayat-ayat al-Qur’an. Berawal dari tujuan tersebut, penelitian ini mengidentifikasi ayat-ayat harta di dalam al-Qur’an, mengembangkan pemahaman penelitian sendiri terhadap makna harta, fungsi harta, kedudukan harta, cara memperoleh harta dan hak kepemilikan. Selain itu, tujuan lain dari penelitian ini adalah menjelaskan implementasi hak kepemilikan harta dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Penyajian tafsirnya dengan pendekatan tematik analisis. Pendekatan yang dilakukan ini untuk menjelaskan kandungan ayat-ayat al-Qur’an secara keseluruhan dengan jalan menghimpun ayat-ayat yang subtansi pesannya berhubungan dengan tema yang diambil. Setelah dilakukan penelitian dari segi ayat-ayat yang membahas tentang harta, dapat disimpulkan bahwasanya konsep harta menurut beberapa mufassir pun telah dijelaskan di dalam bukunya. Seperti pendapat Muhammad Sirrin dan Qatadah yang mengemukakan bahwa sebagian harta adalah hak-hak fakir miskin, yang karenanya diwajibkan untuk berzakat. Ibnu Abbas pun berpendapat, bahwa sebagian harta yang haq bukan hanya sekedar berzakat, melainkan menyisihkan sebagian harta untuk fakir miskin (tidak hanya pada waktu berzakat). Sedangkan hak kepemilikan harta yaitu manusia boleh memiliki harta asalkan ketika memperoleh harta dengan cara yang baik dan memanfaatkannya dengan cara yang baik juga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Zakiyatulzakiyah.041296@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Harta; Hak; Kepemilikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Munawaroh Zakiyatul
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:28
Last Modified: 15 Feb 2019 06:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30326

Actions (login required)

View Item View Item