Peningkatan pemahaman mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial materi perjuangan para tokoh pejuang di masa penjajahan belanda dan jepang melalui metode pair check pada kelas v mi bina bangsa Krembangan Surabaya

Abror, Muhammad As'ad (2019) Peningkatan pemahaman mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial materi perjuangan para tokoh pejuang di masa penjajahan belanda dan jepang melalui metode pair check pada kelas v mi bina bangsa Krembangan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad As'ad Abror_D07213025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemahaman materi IPS di MI Bina Bangsa yang rendah menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Penyampain materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kurang variatif dalam memilih model pembelajaran yang digunakan, sehingga pembelajaran lebih banyak bersifat konvensional dengan ceramah dan berdampak antusias siswa berkurang dan pembelajaran membuat peserta didik tidak dapat aktif dan siswa merasa bosan. Metode pembelajaran Pair Check diterapkan bertujuan memberikan perbaikan pemahaman pada siswa dengan menggunakan diskusi kelompok kecil.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Metode Pembelajaran Pair Check materi Perjuangan Para Tokoh Pejuang Di Masa Penjajahan Belanda & Jepang Melalui Metode Pair Check Pada Siswa Kelas V MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya?. 2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi Perjuangan Para Tokoh Pejuang Di Masa Penjajahan Belanda & Jepang setelah menggunakan metode pembelajaran Pair Check pada Siswa Kelas V MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya?Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pair check dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan para tokoh pejuang di masa penjajahan Belanda dan Jepang sudah diterapkan dengan baik. Hal ini dibuktikan pada skor aktivitas guru, yaitu 83 naik menjadi 89 . Aktivitas siswa juga mengalami kenaikan skor yaitu 85 meningkat menjadi 92. 2) Pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan para tokoh pejuang di masa penjajahan Belanda dan Jepang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas pada siklus I pemahaman siswa memperoleh rata-rata kelas 67,6 dan prosentase ketuntasan belajar sebesar 36%. Pada siklus II perolehan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 85,8 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 84,6%.

Email: asadgump@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Munawir, Munawir
Uncontrolled Keywords: Penigkatan Pemahaman, Perjuangan Tokoh Pejuang di Masa Belanda dan Jepang, Metode Pair Check
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abror Muhammad As'ad
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:24
Last Modified: 18 Feb 2019 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30315

Actions (login required)

View Item View Item