Peningkatan hasil belajar materi perjuangan pada masa penjajahan belanda dan jepang menggunakan strategi pq4r pada siswa kelas v di mi salafiyah syafiiyah Klinterejo Sooko Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maziyan, Anas Syahrul (2019) Peningkatan hasil belajar materi perjuangan pada masa penjajahan belanda dan jepang menggunakan strategi pq4r pada siswa kelas v di mi salafiyah syafiiyah Klinterejo Sooko Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anas Syahrul m_D77214058.pdf

Download (3MB)

Abstract

IPS menjadi pembelajaran yang cukup menjenuhkan oleh sebagian siswa, karena dalam memahami materinya memerlukan adanya kejelihan, berpikir, membutuhkan mengingat seperti pada pelajaran sejarah. Selain itu, dalam pembelajaran kebanyakan masih berpusat pada guru belum melibatkan siswa secara aktif sehingga pembelajaran tidak efektif dan menimbulkan kejenuhan atau membosankan yang dapat menyebabkan siswa kurang bersemangat untuk belajar. Menanggapi hal tesebut, maka diperlukan penerapan strategi PQ4R untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Salafiyah Syafiiyah Klinterejo Sooko Mojokerto.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi PQ4R untuk meningkatkan hasil belajar materi perjuangan pada masa penjajahan belanda dan jepang pada siswa kelas V MI Syalafiyah Syafiiyah klinterejo sooko mojokerto? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI Syalafiyah Syafiiyah klinterejo sooko mojokerto pada materi perjuangan pada masa penjajahan belanda dan jepang dengan menggunakan strategi PQ4R?Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Salafiyah Syafiiyah Klinterejo Sooko Mojokerto.Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa: (1) Penerapan strategi PQ4R untuk meningkatkan hasil belajar pada materi perjuangan pada masa penjajahan Jepang dan Belanda pada siswa kelas V di MI Salafiyah Syafiiyah Klinterejo Sooko Mojokerto berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa siklus I 76 dan pada siklus II meningkat 85. dan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 70 meningkat menjadi 85. (2) Peningkatan hasil belajar materi perjuangan pada masa penjajahan Belanda dan Jepang setelah diterapkan strategi PQ4R pada kelas V di MI Salafiyah Syafiiyah Klinterejo Sooko Mojokerto meningkat dengan baik. Hal ini terbukti pada siklus I nilai rata- rata siswa 72 dengan prosentase ketuntasan belajar 65.71% dengan jumlah siswa yang tuntas 22 siswa. Siklus II nilai rata-rata siswa 80 dengan prosentase ketuntasan 81.57% (kategori baik) dengan jumlah siswa yang tuntas 31.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maziyan, Anas Syahrulanassyahrul21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Strategi PQ4R, Hasil Belajar, Perjuangan
Depositing User: Maziyan Anas Syahrul
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:58
Last Modified: 15 Feb 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30307

Actions (login required)

View Item View Item