Pengembangan pelatihan Hypnoparenting islami bagi orang tua untuk mengurangi tindak kekerasan terhadap anak di yayasan pendidikan islam NUR INSANI, Jemur Wonosari, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anafy, Muh Nur. (2019) Pengembangan pelatihan Hypnoparenting islami bagi orang tua untuk mengurangi tindak kekerasan terhadap anak di yayasan pendidikan islam NUR INSANI, Jemur Wonosari, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh Nur Anafy_B53212083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan dan ketidaksiapan orang tua dalam mendidik anak, terjadinya banyak tindak kekerasan yang di jumpai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana bentuk, Proses dan Hasil Uji Kelayakan Pengembangan Pelatihan Hypnoparenting Islami Bagi Orangtua Untuk Mengurangi Kekerasan Pada Anak. Menggunakan metode penelitian Research & Development, jenis penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu tim uji ahli dan enam orang tua wali murid Yayasan Pendidikan Islam “NUR INSANI” yang berlokasi di Jemur Wonosari, Surabaya. Data yang digunakan untuk menganalisa adalah angket, wawancara dan observasi. Bentuk paket pelatihan terdiri dari tiga bagian. Pertama menjelaskan panduan, kedua membahas isi paket pelatihan, dan ketiga berisi evaluasi, refleksi dan rekomendasi dari para uji ahli dan patisipan. Pada proses penelitian, peneliti memberikan pelatihan dan buku paket kepada patisipan wali murid dengan mengadakan pelatihan langsung, kemudian meminta orang tua untuk mempraktekkan kegiatan yang ada di dalam buku paket. Setelah partisipan mempraktekkan isi buku, kemudian diminta untuk memberikan komentar, kritik dan saran terkait penelitian ini. Tim uji ahli menilai bahwa produk yang dibuat rapi, lengkap dan bermanfaat untuk mengurangi kekerasan terhadap anak. Evaluasi ada pada bagian lembar latihan yang kurang rapi. Rekomendasi yang berikan, yaitu produk dapat dijadikan buku dan diterbitkan. Berdasarkan hasil skoring data nilai angket tim uji ahli tentang ketepatan, kelayakan, dan kegunaan diperoleh hasil akhir 82%, sehingga pelatihan yang dirancang memenuhi standar uji dengan kategori sangat tepat. Selanjutnya, berdasarkan data para orang tua, hasil akhir yang diperoleh 71%, sehingga pelatihan yang dirancang memenuhi standar uji dengan kategori tepat.
Kata Kunci: Hypnoparenting Islami, Kekerasan Terhadap Anak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anafy, Muh Nur.muhnuranafy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kekerasan
Orang tua dan Anak
Uncontrolled Keywords: Hypnoparenting Islami; Kekerasan Terhadap Anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anafy Muh Nur
Date Deposited: 15 Feb 2019 08:50
Last Modified: 15 Feb 2019 08:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30295

Actions (login required)

View Item View Item