Bimbingan Konseling Islam Dengan Pendekatan Behavior Teknik Self Management dalam Menangani Siswa Yang Kecanduan Game Online (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Khadijah Surabaya Tahun Pelajaran 2018/ 2019)

Aisiyah, Sarifah (2019) Bimbingan Konseling Islam Dengan Pendekatan Behavior Teknik Self Management dalam Menangani Siswa Yang Kecanduan Game Online (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Khadijah Surabaya Tahun Pelajaran 2018/ 2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Skripsi Sarifah Aisiyah_B53215058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses penerapan bimbingan konseling Islam dengan pendekatan behavior teknik self management dalam menangani seorang siswa kelas X yang kecanduan game online di SMA Khadijah Surabaya?, 2) Bagaimana hasil penerapan bimbingan konseling Islam dengan pendekatan behavior teknik self management dalam menangani seorang siswa kelas X yang kecanduan game online di SMA Khadijah Surabaya?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan desain studi kasus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif, yaitu peneliti membandingkan teori dengan praktik di lapangan antara kondisi sebelum dan sesudah proses konseling menggunakan bimbingan konseling Islam dengan pendekatan behavior teknik self management. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, sosiometri, daftar cek masalah (AUM/MPCL), serta dokumentasi. Berdasarkan penyajian data dan analisis data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Proses konseling yang dilakukan dengan bimbingan konseling Islam pendekatan behavior teknik self management ini dilakukan seperti tahapan umum prosedur konseling, yaitu meliputi identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, serta evaluasi & follow up. Adapun proses treatmentnya, peneliti mengkombinasikan teknik konseling berupa teknik self management dengan teknik dalam terapi Islam berupa terapi shalat. Peneliti melakukan tahapan teknik self management, seperti monitoring diri, evaluasi diri, serta pemberian penguatan, penghapusan, dan hukuman sesuai dengan tahapannya. Begitu juga dengan terapi shalat, peneliti mengarahkan konseli mengikuti tahapan yang sesuai mulai dari mencari faktor penyebab timbulnya masalah, menulis redaksi doa untuk mengatasi masalah, shalat sunnah dua rakaat, ruku’, sujud, dan tasyahud sambil membaca doa yang sudah ditulis, membaca ulang doa setelah shalat dengan suara yang keras, 2) Bimbingan konseling Islam dengan pendekatan behavior teknik self management berhasil menurunkan tingkat kecanduan game online seorang siswa kelas X SMA Khadijah Surabaya, meskipun belum sepenuhnya. Hasil ini dapat dilihat dari behavior checklist yang menunjukkan setelah pemberian treatment tersebut, nampak terjadi penurunan intensitas perilaku konseli serta pengalihan dari kebiasaan bermain game online menjadi kebiasaan yang lebih positif serta mempunyai media untuk mengadukan masalah yang dihadapi, bisa melatih diri untuk lebih sabar dan optimis melalui terapi shalat.

Email: Syarifahaisiyah@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fahmi, Lukman
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Behavior; Self Management; Kecanduan Game Online
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aisiyah Sarifah
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:17
Last Modified: 15 Feb 2019 07:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30268

Actions (login required)

View Item View Item