Cognitive Restructuring untuk menangani pola pikir negatif seorang santriwati di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya

Sitepu, Fatmawati (2019) Cognitive Restructuring untuk menangani pola pikir negatif seorang santriwati di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatmawati Sitepu_B53215044.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses Cognitive Restructuring untuk menangani pola pikir negatif seorang santriwati di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya? 2) Bagaimana hasil akhir Cognitive Restructuring untuk menangani pola pikir negatif seorang santriwati di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang diterapkan adalah teknik analisis deskriptif komparatif yang mana peneliti membandingkan proses konseling menggunakan strategi Cognitive Restructuring yang dilakukan di lapangan dengan strategi Cognitive Restructuring itu sendiri dan membandingkan kondisi konseli sebelum dilakukan konseling dan setelah dilakukan konseling. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yang mana peneliti membandingkan serta mengecek data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara dan membandingkan serta mengecek hasil wawancara bersama sumber data primer dengan hasil wawancara bersama sumber data sekunder, dan strategi konseling yang diberikan menggunakan Cognitive Restructuring. Proses Cognitive Restructuring untuk menangani pola pikir negatif seorang santriwati dilakukan sebagaimana tahapan dalam bimbingan dan konseling pada umumnya, yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi dan evaluasi/follow up. Dan pelaksanaan treatment menggunakan strategi Cognitive Restructuring sendiri, dilakukan dengan tahapannya yakni rasional, identifikasi pikiran konseli dalam situasi problem, pengenalan dan Latihan Coping Thought, pindah dari pikiran-pikiran negatif ke Coping Thought, pengenalan dan latihan penguat positif dan tugas rumah dan tindak lanjut. Dari analisis data, strategi Cognitive Restructuring untuk menangani pola pikir negatif dikatakan cukup berhasil dengan persentase 75%. Hal itu dapat dilihat dari hasil konseling menggunakan strategi Cognitive Restructuring dan pernyataan konseli bahwa ia mampu berpikir positif dan bertindak sesuai dengan keinginannya.

Email: fatmawatisitepu97@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rofiq, Arif Ainur
Uncontrolled Keywords: Cognitive Restructuring; Pola Pikir Negatif
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sitepu Fatmawati
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:00
Last Modified: 15 Feb 2019 07:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30266

Actions (login required)

View Item View Item