Mitos kue apem dalam tradisi selametan kematian (tahlilan) perspektif teori semiologi Roland Barthes di Desa Kedung Baruk Rungkut Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur Sulaichah, Dinnar Ayu (2019) Mitos kue apem dalam tradisi selametan kematian (tahlilan) perspektif teori semiologi Roland Barthes di Desa Kedung Baruk Rungkut Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinnar Ayu Nur Sulaichah_E71214017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skrispsi ini membahas tentang masyarakat desa Kedung Baruk yang merupakan desa pinggiran kota Surabaya yang masih percaya mitos kue apem sebagai kue pengampunan dalam tradisi selamatan kematian (tahlilan) dengan menggunakan analisis semiologi Roland Barthes. Sehingga akan menjawab dua pertanyaan yaitu pertama, tentang bagaimana mitos kue apem dalam selamatan kematian (tahlilan) di Desa Kedung Baruk. Kedua, bagaimana analisis semiologi Roland Barthes terhadap mitos kue apem. Dibutuhkan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data-data yang didapatkan lewat observasi, wawancara, dokumentasi serta studi pustaka sebagai pelengkap penelitian ini. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pada analisis semiologi Roland Barthes sebuah mitos terdiri dari penanda, petanda dan tanda yang dimana mitos kue apem sebagai kue pengampunan dari orang yang meninggal kepada Allah SWT dan dipercaya secara turun menurun serta menjadi ideologi bagi masyarakat Desa Kedung Baruk. Pesan yang didapatkan dari mitos kue apem ini adalah masyarakat masih menjaga dan melestarikan kue apem dalam tradisi selamatan kematian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur Sulaichah, Dinnar Ayudinarans96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Antropologi Budaya
Adat
Keywords: Mitos; Kue apem; Roland Barthes
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Sulaichah Dinar Ayu Nur
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:20
Last Modified: 15 Feb 2019 03:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30260

Actions (login required)

View Item View Item