Sistem deteksi dini kanker payudara pada Citra Mammogram menggunakan metode Convolutional Neural Network

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Mujahid Abdul (2019) Sistem deteksi dini kanker payudara pada Citra Mammogram menggunakan metode Convolutional Neural Network. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Mujahid Abdul Rahman_H92214027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kanker payudara merupakan penyakit yang mematikan, tidak hanya terjadi pada wanita namun pria juga dapat terkena penyakit ini. Seseorang bisa rentan terkena penyakit kanker payudara seiring bertambahnya usia, baik disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat atau bahkan karena keturunan. Oleh karenanya, perlu ada pencegahan sejak dini dengan cara mendeteksi adanya kanker. Pada penelitian ini dilakukan deteksi kanker payudara menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN) karena pada beberapa penelitian, metode ini memiliki akurasi yang sangat bagus. Citra yang digunakan adalah citra mammogram yang sebelumnya dilakukan pre¬-processing untuk memperbaiki kualitas citra. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data citra mammogram yang diambil dari Mammographic Image Analysis Society (MIAS) tahun 2011. Jumlah data sebanyak 322 data citra yang berukuran 1024 x 1024. Untuk mendapatkan hasil akurasi yang terbaik dilakukan 3 kali uji coba model. Model ini berasal dari modifikasi layer. Dari hasil uji coba diperoleh model terbaik pada uji coba model ke-1 dengan K=5. Berdasarkan evaluasi yang diperoleh pada data testing dengan terdapat 3 output hasil klasifikasi yaitu payudara normal, benign, dan malignan, didapatkan akurasi sebesar 84,38%, sensitivitas 62,50%, spesifisitas 91,67%, dan presisi 71,43%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Mujahid Abdulmujahid.arahman@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Matematika
Uncontrolled Keywords: Citra Mammogram; Convolutional Neural Network; CNN; Kanker Payudara
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Rahman Mujahid Abdul
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:57
Last Modified: 15 Feb 2019 06:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30240

Actions (login required)

View Item View Item