Keluarga berencana dalam al-Qur'an (studi tematik tafsir Sayyid Quthb)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariyeni, Winda (2019) Keluarga berencana dalam al-Qur'an (studi tematik tafsir Sayyid Quthb). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Winda Ariyeni_E03212074.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari munculnya bagaimana Islam memandang masalah keluarga berencana, selama ini dikalangan umat Islam masih menuai pro dan kontra mengenai boleh tidaknya ber KB. KB sering identic dengan pembatasan jumlah anak, dengan adanya slogan “Dua Anan Cukup”. Sebenarnya KB tidak terbatas pada pengertian tersebut, tetapi meliputi perencanaan keluarga. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana penafsiran Sayyid Quthb terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang membahas tentang keluarga berencana?, 2. Bagaimana konsep keluarga berencana pada masa sekarang berdasarkan penafsiran Sayyid Quthb?. Dalam menjawab permasalahan ini, penelitian dilakukan dengan cara Library Research dengan metode analisis data menggunakan metode penafsiran Maudhu'i. Data primer yang digunakan berasal dari penjelasan-penjelasan mufassir pada kitab tafsirnya sedangkan data sekunder berasal dari buku-buku yang relevan dengan penelitian ini. Ada dua tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan pendapat Sayyid Quthb tentang ayat-ayat yang mengulas tentang keluarga berencana dan konsep keluarga berencana masa sekarang berdasarkan penafsiran Sayyid Quthb. Hasil penelitian tentang konsep keluarga berencana di sini sebenarnya tidak ada larangan asalkan sesuai dengan syariat yang telah ditentukan. Islam sendiri sangat menganjurkan untuk melakukan keluarga berencana agar dari pernikahan tersebut nanti terlahir keturunan yang sehat dan berkualitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariyeni, Windawindastory@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Keluarga > Keluarga Berencana
Al Qur'an
Keywords: Keluarga Berencana; Sayyid Quthb
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ariyeni Winda
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:39
Last Modified: 14 Feb 2019 08:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30222

Actions (login required)

View Item View Item