Terapi Hipnoquran Sebagai Upaya Mengurangi Trauma Perceraian Seorang Single Parent di Prapen Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Ramadhani (2019) Terapi Hipnoquran Sebagai Upaya Mengurangi Trauma Perceraian Seorang Single Parent di Prapen Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ramadhani_B53215057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses terapi hipnoquran dalam menangani trauma perceraian? 2) Bagaimana hasil akhir terapi hipnoquran dalam menangani trauma perceraian? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus dengan analisis data framing. Peneliti melakukan wawancara, mengamati dan mempelajari secara terperinci, mendalam dan menyeluruh terhadap perilaku trauma klien. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses terapi hipnoquran dalam menangani trauma perceraian. Adapun untuk mengetahui hasil akhir dari pemberian terapi hipnoquran ini peneliti membandingkan antara kondisi sebelum dan sesudah terapi. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses terapi hipnoquran untuk mengurangi trauma perceraian ini menggunakan tahapan hipnoterapi pada umumnya. Namun yang membuat berbeda adalah ayat-ayat suci Al quran yang dibacakan terapis secara berulang-ulang dengan nada dan suara yang cukup bagus pada tahap induksi, deepening, sugesti dan terminasi. Adapun tahapan atau prosedur hipnoquran sebagai berikut; pre induksi atau pre talk, pada tahap ini klien masih dalam kondisi sadar. Selanjutnya konselor dan klien mengambil wudhu kemudian berdoa bersama agar semakin fokus dan terapi berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Setelah itu dilanjutkan pada tahap induksi dimana konselor membantu klien untuk memasuki kondisi trance dengan teknik relaksasi dan membacakan ayat Al quran secara berulang-ulang. Kemudian deepening untuk memperdalam kondisi trance dari klien. Dengan menggunakan teknik relaksasi memegang pundak dan mengucap kata sekarang klien akan memasuki alam relaksasi yang semakin dalam. Selanjutnya pemberian sugesti dengan mengajak klien membayangkan satu tempat yang paling nyaman dan menghadirkan peristiwa traumatik klien. Kemudian meminta klien mengucapkan dalam hati bahwa “saya ikhlas, sabar, dan tawakkal atas peristiwa yang terjadi padaku”. Setelah itu konselor membacakan ayat-ayat Al quran yang berkaitan dengan ikhlas, sabar, dan tawakkal secara berulang-ulang. Terakhir adalah terminasi dimana konselor memberikan kalimat-kalimat motivasi yang mampu menembus alam bawah sadar sehingga klien terbangun dalam keadaan sehat, segar, dan lebih semangat. Dalam hitungan satu sampai lima klien akan membuka mata dan bangkit dari trauma.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Ramadhaniramadhaniuinsa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Psikologi > Keluarga
Uncontrolled Keywords: Terapi Hypnoquran; Trauma; Perceraian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ramadhani Ramadhani
Date Deposited: 15 Feb 2019 08:44
Last Modified: 15 Feb 2019 08:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30216

Actions (login required)

View Item View Item