Implementasi karakteristik kepemimpinan transformasional Dr.H.Syarif Thayib, M.Si dalam memimpin panti asuhan Al-Madinah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahono, Singgih (2019) Implementasi karakteristik kepemimpinan transformasional Dr.H.Syarif Thayib, M.Si dalam memimpin panti asuhan Al-Madinah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Singgih Wahono_B74212073.pdf

Download (34MB)

Abstract

Fokus Penelitian Ini Adalah (1) Bagaimana Implementasi Karakteristik Kepemimpinan Transformasional Dr. H. Syarif Thayib, M.Si. Dalam Memimpin Panti Asuhan Al-Madinah Surabaya. Berdasarkan observasi terhadap Pimpinan selaku orang yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program-program di Panti Asuhan Al Madinah Surabaya harus terbuka terhadap ide-ide baru dan kritikan baik dari direkturnya maupun pengurus. Hal ini diperlukan agar pimpinan dapat melihat peluang-peluang untuk peningkatan program-program di Panti Asuhan Al Madinah Surabaya. Begitupun direktur terhadap pengurusnya. Berdasarkan hasil wawancara mendalam dan telaah dokumen terhadap informan, dapat digambarkan bahwa pimpinan di Panti Asuhan Al Madinah Surabaya. memiliki sikap keterbukaan terhadap setiap ide-ide baru dan kritikan dari bawahan. Pimpinan di Panti Asuhan Al Madinah Surabaya menganggap bahwa ide-ide baru dan kritikan yang disampaikan oleh direktur dan pengurus tersebut merupakan bagian yang harus diterima sebagai konsekuensi logis dalam proses pengembangan program-program yang berada di Panti Asuhan Al Madinah Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa pimpinan telah menerima dan meluangkan waktu untuk mendengarkan dengan penuh perhatian setiap masukan dari direktur dan pengurus. Hal ini menunjukkan bahwa pimpinan di Panti Asuhan Al Madinah Surabaya memiliki atribut dari karakteristik stimulasi intelektual (Bass, 1990). Dalam menjawab permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, penelitian ini menggambarkan keadaan atau situasi yang terjadi, sehingga data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar. Dengan pengumpulan data dapat mengetahui implementasi dan karakteristik kepemimpinan transformasional di Panti Asuhan Al Madinah Surabaya. Sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah data terkumpul analisis dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil, serta mengetahui karakteristik pimpinan di Panti Asuhan Al Madinah. Analisis yang dilakukan ini yakni untuk mengetahui proses dan keberhasilan pelaksanaan dengan menggunakan metode dan teknik analisis data tersebut, maka diperoleh suatu kesimpulan bahwa karakteristik kepemimpinan transformasional pimpinan Panti Asuhan Al-Madinah Surabaya sesuai dengan teori yang dipaparkan oleh peneliti. Dengan karakteristik kepemimpinan transformasional pimpinan Panti Asuhan Al-Madinah Surabaya mampu untuk mengembangkan potensi pengurus pada pencapaian visi dan misi Panti Asuhan Al-Madinah Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahono, Singgihsin9g1h.wh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepemimpinan
Keywords: Karakteristik Kepemimpinan; Kepemimpinan Transformasional.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Wahono Singgih
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:36
Last Modified: 14 Feb 2019 08:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30214

Actions (login required)

View Item View Item