Penerapan Kurikulum Berbasis Pesantren dalam meningkatkan mutu lulusan di SMP Yayasan Pendidikan Islam Tarbiyatul Aulad (YAPITA) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailil, Qomariah (2019) Penerapan Kurikulum Berbasis Pesantren dalam meningkatkan mutu lulusan di SMP Yayasan Pendidikan Islam Tarbiyatul Aulad (YAPITA) Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailil Qomariah_D71213107.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Penerapan Kurikulum Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMP YAPITA Surabaya. Kajiannya dilatarbelakangi oleh keberadaan madrasah sampai sekarang ini masih dianggap sebagai lembaga pendidikan kelas dua. Hal itu dikarenakan banyaknya lulusan madrasah yang kemampuan agamanya minim serta kemampuan ilmu yang lain tidak memadai sehingga output madrasah dianggap serba tanggung. Berdasarkan hal tersebut kurikulum berbasis pesantren dianggap sebagai salah satu solusi dalam rangka mengembalikan jati diri madrasah sebagai pusat pembelajaran ilmu agama. Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana mutu lulusan di SMP YAPITA Surabaya? (2) Bagaimana penerepan kurikulum berbasis pesantren di SMP YAPITA Surabaya? (3) Bagaimana kendala dalam meningkatkan mutu lulusan di SMP YAPITA Surabaya?.Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP YAPITA Surabaya. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret manajemen kurikulum berbasis pesantren di madrasah. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan siklus interaktif yang komponennya meliputi reduksi data (data reduction), sajian data (data display), dan penggambaran kesimpulan (conclution drawing). Kajian inimenunjukkan bahwa kurikulum berbasis pesantren di SMP YAPITA Surabaya selain mengikuti keputusan pemerintah juga dikembangkan dengan pola pesantren. Sedangkan penerapan kurikulum berbasis pesantren di SMP YAPITA Surabaya antara lain: (1) Model kurikulum pesantren di SMP YAPITA Surabaya, (2) pengembangan kurikulum pesantren di SMP YAPITA Surabaya, (3) problematika yang dihadapi serta solusi yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan kurikulum pesantren di SMP YAPITA Surabaya, (4) usaha yang perlu dilakukan dalam mengatasi problematika yang muncul. Dan Evaluasi kurikulum berbasis pesantren di SMP YAPITA Surabaya dilaksanakan dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, dan product). Model evaluasi ini dipilih karena bersifat menyeluruh, seluruh komponen dari kurikulum dievaluasi. Mulai dari context atau tujuan dalam keterkaitannya dengan tuntutan masyarakat atau lapangan, Input atau masukanya itu siswa sebagai subyek yang belajar, guru sebagai subyek yang mengajar, desain kurikulum sebagai rancangan pembelajaran, media, dan sarana prasarana sebagai alat bantu pengajaran. Process atau aktifitas siswa belajar dengan arahan, bantuan, dan dorongan dari guru. Product atau hasil, baik hasil yang bisa dilihat dari jangka pendek pada akhir pendidikan atau hasil jangka panjang setelah bekerja atau belajar pada jenjang yang lebih tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailil, Qomariahlqomariah25@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kurikulum Berbasis Pesantren; mutu lulusan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Qomariah Lailil
Date Deposited: 15 Feb 2019 04:13
Last Modified: 15 Feb 2019 04:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30211

Actions (login required)

View Item View Item