TARQIYAH MAHARAH AL KITABAH MIN KHILAL LU’BAH JARAH AL SUAL LI THULAB AL FASHL AL TSAMIN BI MADRASAH SEMESTA 789 AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYAH MOJOKERTO

Hasanah, Uswatun (2015) TARQIYAH MAHARAH AL KITABAH MIN KHILAL LU’BAH JARAH AL SUAL LI THULAB AL FASHL AL TSAMIN BI MADRASAH SEMESTA 789 AL MUTAWASITHAH AL ISLAMIYAH MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Ketrampilan berbahasa meliputi mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Selama ini, para guru lebih sering memberikan materi pelajaran mengenai kajian tata bahasa saja dibandingkan dengan ketrampilan menulis. Padahal, belajar bahasa arab dituntut untuk mampu menulis bahasa arab dengan baik dan benar. Selama pembelajaran di kelas para guru selalu monoton dan seringkali siswa kurang semangat terutama pelajaran bahasa Arab. Metode bermain toples tanya merupakan pembelajaran yang santai dan menyenangkan. Siswa dihadapakan pada suatu kondisi kelas berbahasa yang komunikatif, kreatif dan menghibur dengan materi yang kontekstual atau teralami oleh siswa.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya meningkatkan ketrampilan menulis Arab melalui metode bermain toples tanya pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah 789 Mojokerto. Dan berapakah tingkat signifikansi yang diperoleh dalam pembelajaran bahasa Arab setelah menggunakan media permainan toples tanya.
Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuh tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I dan siklus II materi yang diberikan adalah tentang al muhinnah.
Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Mts 789 Mojokerto tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa kelas VIII yang berjumlah 36 siswa. Data mengenai peningkatan ketrampilan menulis diperoleh dengan tes perbuatan. Data mengenai respon siswa terhadap model pembelajaran menulis diperoleh dengan observasi selama pembelajaran dan wawancara yang meliputi respon terhadap pola/model pembelajaran, materi dan metode guru. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil pretes, tes pada akhir siklus I dan tes pada akhir siklus II. Teknik kualitatif dipakai untuk menganalisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi, pengamatan langsung, wawancara dan dokumentasi foto.
Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan ketrampilan menulis Arab siswa melalui metode bermain toples tanya sebesar 24,90%. Pada siklus I kemampuan menulis siswa sebesar 66,94 meningkat menjadi 74,17 (kategori baik) pada siklus II. Peningkatan ketrampilan menulis siswa juga terjadi pada semua aspek. Berdasarkan hasil observasi atau pengamatan langsung selama pembelajaran dan wawancara pada siklus I dan siklus II diketahui bahwa siswa beranggapan bahwa pembelajaran menulis dengan metode bermain toples tanya sangat menarik dan menyenangkan serta berpengaruh terhadap keaktifan, antusiasme, dan kepercayaan diri siwa terutama dalam ketrampilan menulis Arab

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Baihaqi
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Menulis; Media Permainan Toples Tanya
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2015 03:15
Last Modified: 23 Dec 2015 03:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item