Konseling terapi Naratif dalam menumbuhkan motivasi belajar pada seorang mahasiswa putus asa mengerjakan tugas akhir di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permana, Afifah Wildan Ulya (2019) Konseling terapi Naratif dalam menumbuhkan motivasi belajar pada seorang mahasiswa putus asa mengerjakan tugas akhir di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifah Wildan Ulya Permana_B93215091.pdf

Download (7MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pelaksanaan Konseling Terapi Naratif Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Seorang Mahasiswa Putus Asa Menyelesaikan Tugas Akhir di UIN Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana hasil pelaksanaan Konseling Terapi Naratif Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Seorang Mahasiswa Putus Asa Menyelesaikan Tugas Akhir di UIN Sunan Ampel Surabaya? Permasalahan klien yang dilatar belakangi karena klien tidak memiliki motivasi belajar dan mengalami keputusasaan dalam mengerjakan tugas akhir, klien juga selalu berfikir negatif dalam memaknai kehidupannya, tidak adanya teman yang membantu klien dalam pengerjaan tugas akhir serta kurangnya dukungan lingkungan sekitar terhadap penyelesaian tugas akhirnya. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis studi kasus deskriptif yang mana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis deskriptif dengan membandingkan sebelum dan sesudah proses terapi. Hasil dari penerapan konseling ini yang dijelaskan dalam tolok ukur perubahan klien dari segi naratif, dan potensi diri serta cara bertindak yang sebelumnya mengalami putusasa mulai optimis serta memiliki harapan lagi. Kemudian dari aspek potensi diri klien mampu menjadi pribadi yang termotivasi dalam belajar serta bertanggung jawab untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara lebih baik dari sebelumnya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Terapi Naratif dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Seorang Mahasiswa Putus Asa Menyelesaikan Tugas Akhir di UIN Sunan Ampel Surabaya dapat dikatakan berhasil, hal ini dapat dilihat dari perubahan sikap dari ketika sebelum diterapi klien mengalami putus asa yang menimbulkan perilaku negatif seperti malas mengerjakan tugas akhir menjadi mahasiswa yang rajin mengerjakan tugas akhir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permana, Afifah Wildan Ulyaafifahwildan23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Motivasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Konseling; terapi Naratif; motivasi belajar; putus asa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Permana Afifah Wildan Ulya
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:35
Last Modified: 14 Feb 2019 08:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30207

Actions (login required)

View Item View Item