Profil penalaran deduktif siswa SMA dalam menyelesaiakan masalah trigonometri ditinjau dari kecerdasan logis matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermawan, Mochamad Yudistyas (2019) Profil penalaran deduktif siswa SMA dalam menyelesaiakan masalah trigonometri ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Yudistyas Hermawan_D04214013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penalaran deduktif merupakan proses berpikir logis yang berupa pengambilan atau penarikan kesimpulan dari pernyataan yang bersifat umum menuju pada pernyataan bersifat khusus berdasarkan fakta-fakta yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penalaran deduktif siswa SMA dalam menyelesaikan masalah trigonometri ditinjau dari kecerdasan logis matematis yang dimilikinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil 6 siswa dari 34 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang terdiri dari 2 siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes penyelesaian masalah trigonometri dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah trigonometri siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi mampu memenuhi seluruh indikator penalaran deduktif. Selanjutnya siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang mampu memenuhi 5 dari 6 indikator penalaran deduktif yaitu untuk soal nomor 1 pada langkah merencanakan penyelesaian masalah; merumuskan pernyataan umum dan melakukan penarikan kesimpulan. Pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian masalah; merumuskan pernyataan umum, merumuskan pernyataan khusus, dan melakukan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk soal nomor 2 pada langkah merencanakan penyelesaian masalah; merumuskan pernyataan umum, merumuskan pernyataan khusus, dan melakukan penarikan kesimpulan. Pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian masalah; merumuskan pernyataan umum dan merumuskan pernyataan khusus.Selanjutnya siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah hanya mampu memenuhi 3 dari 6 indikator penalaran deduktif yaitu pada langkah merencanakan penyelesaian masalah; merumuskan pernyataan umum dan melakukan penarikan kesimpulan. Pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian masalah;merumuskan pernyataan umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermawan, Mochamad Yudistyasyoudies_tyas@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Uncontrolled Keywords: Penalaran Deduktif, Penyelesaian Masalah Trigonometri, Kecerdasan Logis Matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hermawan Mochamad Yudistyas
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:19
Last Modified: 15 Feb 2019 02:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30163

Actions (login required)

View Item View Item