Studi Deskriptif terapi Audio Murottal Al Quran untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak Tunagrahita di SLB C Kemala Bhayangkari 2 Gresik

Sahana, Yana (2019) Studi Deskriptif terapi Audio Murottal Al Quran untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak Tunagrahita di SLB C Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yana Sahana_B03215039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses Terapi Audio Murottal Al- Quran untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak Tunagrahita di SLB C Kemala Bhayangkari 2 Gresik? (2) Bagaimana hasil akhir Terapi Audio Murottal Al- Quran untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak Tunagrahita di SLB C Kemala Bhayangkari 2 Gresik? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis desktiptif. Dalam menganalisis konsentrasi belajar anak tunagrahita data yang digunakan berupa hasil observasi dan wawancara yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam proses penelitian, tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah identifikasi masalah, diagnosis, prognosa, pemberian terapi serta evalaluasi dan follow up. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa peneliti menemukan berbagai permasalahan di kelas XI C di SLB C Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Pertama, perhatian para siswa berubah- ubah, siswa kadang – kadang memperhatikan apa yang di sampaikan guru dan kadang pula mengabaikan. Kedua, siswa tidak menyelesaikan tugas yang di berikan guru sampai selesai, jika merasa bosan mereka beralih mengerjakan tugas yang lain ataupun malah bermain. Ketiga, siswa tidak fokus terhadap apa yang di perintahkan oleh guruhnya, misalnya guru menyuruh murid untuk menebalkan huruf, siswa tersebut malah mewarnai hurufnya. Keempat, siswa yang lamban perkembangannya sehingga mengakibatkan lamban juga konsentrasinya. Dalam penelitian ini, proses treatment menggunakan audio murottal Al-Quran. Dengan treatment ini diharapkan konseli dapat mendapatkan relaksasi dan ketenangan hati sehingga dapat berkonsentrasi saat proses belajar. Dalam terapi ini peneliti meneliti 3 siswa tunagrahita yang mengalami gangguan pada konsentrasinya. Hasil akhir dari proses ini cukup berhasil dengan presentase dari ketiga konseli adalah Aan = 71, 42%, Mufidah = 85,71% dan Kurniawan = 71, 42% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku konseli yang kurang berkonsentrasi dalam belajar menjadi lebih berkonsentasi dalam belajar.

Email: yanasahana161@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Laila, Faizah Noer
Uncontrolled Keywords: Terapi Audio Murottal Al Quran; Konsentrasi belajar; Anak Tunagrahita
Subjects: Anak > Anak Penyandang Cacat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sahana Yana
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:01
Last Modified: 15 Feb 2019 02:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30153

Actions (login required)

View Item View Item