Konseling Kejujuran untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan PT Securindo Packatama Indonesia di Ciputra World Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholil, Ach (2019) Konseling Kejujuran untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan PT Securindo Packatama Indonesia di Ciputra World Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ach. Kholil_B03212002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan bentuk konseling kejujuran dalam meningkatkan kinerja karyawan PT Scurindo Packatama Indonesia, keduauntuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi konseling kejujuran dalam meningkatkan kinerja karyawan PT Scurindo Packatama Indonesia, ketiga untuk nendeskripsikan kinerja karyawan PT Scurindo Packatama Indonesia di Ciputra World Surabaya setelah mendapatkan konseling kejujuran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari karyawan, konselor, dan Pimpinan lokasi. Teknik Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data berdasarkan model analisis data kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan untuk analisis ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Bentuk konseling kejujuran dalam meningkatkan kinerja karyawan berupa pemberian arahan, bimbingan dan keteladanan. Adapun proses konseling kejujuran yang diberikan meliputi: (a) membantu klien meberikan arahan identitas dirinya, sehingga mampu membiasakan diri berbicara sesuai dengan perbuatan, (b) klien mampu mengakui kebenaran orang lain dan mengakui kesalahan diri sendiri jika, (c) klien selalu mengingat bahwa semua perbuatan manusia dilihat oleh Allah, (d) klien mampu meyakini bahwa kejujuran mengantarkan manusia kejenjang derajat yang terhormat, dan (e) membantu klien meyakini dengan jujur akan menjaga dari hitamnya wajah di akhirat kelak. Kedua, Faktor yang mempengaruhi konseling kejujuran meliputi faktor yang mendukung dan fakor yang menghambat diantaranya: faktor pendukung meliputi: (a) ketika konselor menyediakan informasi tentang proses konseling tentang diri pribadi konselor, melalui pernyataan-pernyataan pembuka yang professional temasuk detail mengenai sifat konseling, apa yang diharapkan dari konseling tersebut, tanggungjawab, metode-metode yang digunakan, dan etika konseling, (b) Inisiatif dari klien untuk berubah. (c) Kualitas pribadi dan profesional seorang konselor sangatlah penting. Faktor penghambat meliputi: (a) persepsi yang berbedaan atara konselor dan klien (b) tempat dimana konseling di lakukan tidak boleh berisik, (c) ketidak kejujuran klien, (d) Faktor keluarga yang tidak mendukung terhadap bimbingan, Ketiga, Kinerja karyawan semakin baik setelah konselor memberi arahan kepada klien tentang kejujuran. Dengan kejujuran maka bekerjapun semakin baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholil, Achachmadkholil58@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Perusahaan Perdagangan
Uncontrolled Keywords: Konseling Kejujuran; Kinerja Karyawan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kholil Ach.
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:06
Last Modified: 14 Feb 2019 07:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30152

Actions (login required)

View Item View Item