معاني حروف الجر في وصية المصطفى بهامش شرح المنح السنية لعبد الوهاب الشعراني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Achmad Yusuf Saiful (2019) معاني حروف الجر في وصية المصطفى بهامش شرح المنح السنية لعبد الوهاب الشعراني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Yusuf Saiful Huda_A71214054.pdf

Download (4MB)

Abstract

(Makna-Makna Huruf Jar Dalam Washiyatul Mushthofa Pada Tepi Kitab Syarah Minahus Saniyyah Karya Abdul Wahab Assya’roni) Matan Washiyatul Musthofa adalah kitab yang berisi washiyat nabi Muhammad SAW kepada Ali bin Abi Tholib karomallohu wajhah yang terletak pada tepi kitab Al-Minahus Saniyyah. Dalam tata bahasa Arab kata (kalimat dalam bahasa Arab) dibagi menjadi tiga tipe yaitu : isim, fi’il, dan huruf. Dan peneliti hanya akan membahas tentang huruf jar. Dalam kitab tersebut perumusan masalah yang di kemukakan oleh peneliti meliputi dua hal yaitu apa saja huruf-huruf jar yang terdapat dalam Washiyatul Musthofa yang terletak pada tepi syarah Al-Minahus Saniyyah karya Abdul wahab assya’roni dan apa saja makna-makna huruf jar yang terdapat dalam kitab tersebut. Dalam pembahasan skripsi ini peneliti menggunakan ilmu nahwu sebagai pisau analisis dan ilmu kebahasaan sebagai pendekatannya. Peneliti mengambil beberapa teori nahwu dari kitab “Jami’ud Durus”. Adapun tujuan pembahasan ini adalah untuk mengungkap ilmu kebahasan terutama makna huruf jar yang terdapat dalam kit9ab “Washiyatul Mushthofa” karya Abdul Wahab Assya’roni. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriftif kualitatif. Huruf jar secara umum yang disepakati ulama nahwu berjumlah 20, sedangkan peneliti hanya mengambil 7 huruf jar sebagai bahan kajian yaitu (الياء،في، على، من، عن، إلى، اللام). Kesimpulan penelitian ini bahwa dalam kitab Washiyatul Mushthofa terdapat 116 huruf jer dan 22 macam maknanya yang terbagi menjadi berikut: pertama huruf jar ba’ memiliki makna ilshoq, isti’anah, at-ta’diyah, al-mushohabah, as-sababiyah wa ta’lil, ad-dhorfiyah. Huruf jar fii memiliki makna ad-dhorfiyah. Huruf jar ‘ala memiliki makna isti’la’ dan makna fii (adh-dhorfiyah). Huruf jar min memiliki makna ibtida’ul ghoyah, at-tab’idh, al-bayan, at-ta’kid dan adh-dhorfiyah. Huruf jar ‘ila memiliki makna intiha’ul ghoyah. Huruf ja ‘an memiliki makna al-mujawazah wal-bu’du, makna ‘ala, makna min. Huruf jar lam memiliki makna al-milku, lam al-ikhtishos, at-ta’lil was-sababiyah dan makna ‘ila.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Achmad Yusuf Saifulyusuf06281994@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Bahasa Arab
Hadis
Wasiat
Buku
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Makna-Makna Huruf Jar; Washiyatul Musthofa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Huda Achmad Yusuf Saiful
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:32
Last Modified: 18 Feb 2019 02:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30146

Actions (login required)

View Item View Item