فعالية استخدام وسيلة القصة المتقاطعة لترقية مهارة الكلام لطلاب الصف الثّامن بمدرسة "حسن الدين" المتوسطة الإسلامية غيدانغان سيدوارجو

Hidayah, Nurul (2019) فعالية استخدام وسيلة القصة المتقاطعة لترقية مهارة الكلام لطلاب الصف الثّامن بمدرسة "حسن الدين" المتوسطة الإسلامية غيدانغان سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hidayah_D92214088.pdf

Download (7MB)

Abstract

Media pembelajaran yang membantu pengajaran membaca melalui pembelajaran yang efektif dan menarik. Guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran bukan hanya mudah dan murah saja tetapi media pembelajaran yang digunakan yang dapat memberi manfaat yang dapat meningkatkan pembelajaran kemahiran berbicara. Media Strip Story yang dimaksud adalah media pembelajaran yang berbentuk kartu potongan-potongan kertas sebagai alat bantu yang dapat membantu proses kemahiran berbicara siswa. Setiap siswa diminta untuk menyusun kartu yang berisi potongan cerita menjadi cerita lengkap. Melalui penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Media Strip Story ini, dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1. bagaimana keterampilan berbicara siswa kelas 8 MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo? 2. bagaimana penggunaan media Strip Story dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 8 MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo? 3. bagaimana efektifitas penggunaan media Strip Story dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 8 MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo?. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa 1. Observasi , 2.Wawancara, 3. Angket dan 4. Test. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari 30 siswa kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Gedangan Sidoarjo menggunakan Pre Test dan Post Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Strip Story efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Gedangan Sidoarjo. Pernyataan ini berdasarkan hasil dari analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil : T-test (11,8) sedangkan T-tabel (1,669 dan 2,462). Maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Email: hidayah.hida@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wafa, Ali
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Strip Story; Kemampuan Berbicara
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hidayah Nurul
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:03
Last Modified: 14 Feb 2019 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30140

Actions (login required)

View Item View Item