Implementasi Pembiayaan Murabahah Pada Produk Mikro Express Untuk Meningkatkan Pendapatan Di Bank Mitra Syariah Kantor Kas Sidayu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yadi, Muhammad Fachrudin (2019) Implementasi Pembiayaan Murabahah Pada Produk Mikro Express Untuk Meningkatkan Pendapatan Di Bank Mitra Syariah Kantor Kas Sidayu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fachruddin Yadi_G04214022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian yang dilakukan di lapangan secara langsung untuk menggali informasi yang berkaitan mengenai implementasi pembiayaan murābaḥah dan pendapatan bank, pengumpulan data peneliti melakukan wawancara dengan informan yaitu pimpimnan atau kepala kantor kas sidayu, teller, serta petugas lapangan mikro.Penerapan pembiayaan murābaḥah pada produk mikro express sudah sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional No. 04/DSN-MUI/IV/2000 mengenai ketentuan pembiayaan murābaḥah dalam praktik perbankan syariah, serta teori-teori yang ada. Akan tetapi dalam pelaksanaanya terdapat akad lain selain murābaḥah yaitu akad wakalah dalam produk mikro express, hal ini desbabkan karena pihak bank yang kesulitan untuk memnuhi kebutuhan barang yang diinginkan oleh nasabah, karena pembiayaan ini adalah pembiayaan yang dikhususkan bagi nasabah yang memiliki usaha di pasar-pasar tradisional maupun toko dirumah nasabah dan tentu saja nasabah memiliki beraneka ragam barang dagangan, sehingga ditambahkan akad wakalah dalam pembiayaan mikro express untuk mempermudah bank dalam pelaksanaanya, produk ini mampu untuk meningkatkan pendapatan di bank mitra syariah kantor kas sidayu, pada tahun 2016 produk ini tidak terlalu berkonstribusi dalam meningkatkan pendapatan karena produk ini baru dijalankan pada tanggal 26 November, pada tahun 2017 inilah bank mengalami kenaikan pendapatan sebesar 30,05% pada tahun ini keberhasilan dari produk mikro express karena pada tahun ini terjadi peningkatan yang cukup pesat akan tetapi pada tahun 2018 hanya terjadi 22,8% saja.Setelah produk ini dijalankan bank tidak mempunyai produk pembiayaan baru lainnya. Dalam pelaksanaanya pembiayaan ini diterima oleh masyarakat dengan baik sehingga bank produk ini mampu untuk meningkatkan pendapatan bank.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yadi, Muhammad FachrudinFachrudinyadi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Keuangan
Uncontrolled Keywords: Implementasi; pembiayaan murābaḥah; pendapatan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yadi Muhammad Fachrudin
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:16
Last Modified: 14 Feb 2019 06:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30138

Actions (login required)

View Item View Item