Pesan dakwah kesetaraan Gender dalam iklan Kecap ABC di Televisi: analisis wacana Teun A. Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muna, Arinal (2019) Pesan dakwah kesetaraan Gender dalam iklan Kecap ABC di Televisi: analisis wacana Teun A. Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arinal Muna_B91215082.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pesan dakwah yang terdapat dalam iklan kecap ABC di televisi versi “Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Perasan Pertama”. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk dan pesan dakwah yang terdapat pada iklan kecap ABC tersebut. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif non kancah dengan pendekatan analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Dengan menggunakan empat elemen Van Dijk, yaitu struktur tematik melalui tema, struktur skematik melalui alur cerita, struktur semantik melalui bahasa dan maksud, dan struktur retoris melalui ekspresi dalam iklan tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi. Dari hasil penelitian, pesan dakwah lebih menekankan pada kesetaraan gender dalam bentuk saling berbagi peran tanpa mendiskriminasi gender. Iklan kesetaraan gender dideskripsikan dalam pembagian peran domestik, yang biasanya diidentifikasikan dalam wilayah perempuan, namun suami juga bisa membantu untuk mengurangi beban istri dengan melakukan kegiatan rumah tangga bersama-sama. Tidak hanya peran domestik, peran produktif juga bisa diperankan seorang istri dengan menjadi wanita karir. Sedangkan pesan dakwah dalam penelitian ini bahwa dalam Islam tidak ada kedudukan yang lebih tinggi antara laki-laki dan perempuan, semua makhluk memiliki kedudukan yang sama, yang membedakan hanyalah ketaqwaan. Begitu juga kedudukan antara suami istri, tidak ada peran yang lebih tinggi antara peran domestik maupun peran produktif, karena peran keduanya merupakan pekerjaan yang mulia dan sama terhormatnya. Pesan dakwah yang terdapat dalam iklan ini lebih merepresentasikan pada akhlak mahmudah dalam relasi suami istri, contohnya saling membantu meringankan beban satu sama lain. Penelitian ini hanya menemukan empat elemen saja dalam wacana Van Dijk, yaitu tematik, skematik, semantik, dan retoris. Sedangkan elemen sintaksis dan stilistik dalam iklan ini, serta kontroversi pesan dakwah kesetaraan gender dapat dikaji oleh peneliti berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muna, Arinalarqimera@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Gender
Iklan
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Kesetaraan Gender; Iklan Kecap ABC; Analisis Wacana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muna Arinal
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:38
Last Modified: 14 Feb 2019 03:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30135

Actions (login required)

View Item View Item