Pendampingan petani Dusun Kedungrejo dalam menghadapi perubahan iklim di Desa Kalen Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttaqin, Khusnul Zaid (2019) Pendampingan petani Dusun Kedungrejo dalam menghadapi perubahan iklim di Desa Kalen Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text (skripsi)
Khusnul Zaid Muttaqin_B72212032.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam skripsi ini problem utama yang menjadi kajian adalah pengaruh perubahan iklim yang terjadi pada sektor pertanian. Yang berdampak pada kehidupan komunitas petani Dusun Kedungrejo. Dengan fokus masalah pengaruh perubahan iklim pada sektor pertanian, dan pola yang tepat untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim, serta tingkat keberhasilan petani dalam beradaptasi terhadap perubahan iklim. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Participatory Action Research (PAR). Dengan langkah-langkah proses pemecahan masalah antara lain: Riset pendahuluan, inkulturasi, merumuskan masalah, merancang strategi, pengorganisasian masyarakat, melakukan aksi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perubahan pada masyarakat agar mereka mampu beradaptasi dengan perubahan iklim yang terjadi, terutama pengaruhnya pada sektor pertanian. Karena sektor pertanian ini menjadi sumber utama penghasilan mereka. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, maka difungsikannya kembali kelompok tani sebagai wadah perubahan sekaligus motor penggerak masyarakat untuk berdaya dari kehidupannya yang mengancam. Melalui tim fasilitaor tersebut, bersama masyarakat sepakat untuk melakukan aksi perubahan. Melalui berbagai diskusi dan program terbentuk untuk membantu masyarakat agar bisa produktif kembali. Dengan demikian, masyarakat bisa tetap bertahan dalam menjani kehidupan dan mampu beradaptasi dengan perubahan iklim yang terjadi pada sektor pertanian. Jadi, aksi tersebut merupakan langkah awal untuk menyelematkan masyarakat dari pengaruh perubahan iklim pada sektor pertanian. Aksi tersebut, juga memberikan manfaat diantaranya adalah mengembalikan budaya tolong menolong dan peduli antar sesama yang sudah mulai pudar dewasa ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttaqin, Khusnul Zaidzaydmutaqin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pengabdian Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Peubahan iklim; pertanian; apatis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zaid Muttaqin Khusnul
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:05
Last Modified: 14 Feb 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30125

Actions (login required)

View Item View Item