Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Qur'an Hadist di Mts Raden Paku Wringinanom Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Riska Nur (2019) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Qur'an Hadist di Mts Raden Paku Wringinanom Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riska Nur Fitriana_D91215107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana latar belakang pendidikan siswa di Mts Raden Paku Wringinanom, Gresik? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa Mts Raden Paku Wringinanom, Gresik? (3) Bagaimana pengaruh latar belakang pendidikan siswa terhadap prestasi belajar qur’an hadist di Mts Raden Paku Wringinanom, Gresik? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan latar pendidikan siswa yang berbeda-beda, baik pendidikan forml (SD/MI), pendidikan informal maupun non formal. Mereka yang berasal dari MI akan lebih banyak mempunyai waktu untuk mempelajari Al-Qur’an Hadist, sedangkan siswa yang berasal dari SD relatif lebih sedikit kesempatannya untuk mempelajari Al-Qur’an Hadist, kecuali yang sore harinya mengikuti sekolah diniyah atau TPQ. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan siswa yang dari SD akan lebih baik prestasinya jika dibandingkan siswa yang dari MI. Mungkin mereka mempunyai kegiatan yang mendukung prestasi belajar Al-Qur’an Hadist. Tetapi jika memang ada yang seperti itu kemungkinan sedikit. Melihat kenyataan tersebut menjadi masalah bagi guru Al-Qur’an Hadist. Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa MTS Raden Paku Wringinanom sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena data-data yang digunakan berbentuk angka. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linier, dapat disimpulkan bahwa (1) 34 atau 57.74% siswa berlatar belakang pendidikan MI sedangkan sisanya 33 atau 49.25 % siswa berlatar belakang pendidikan SD (2) Prestasi belajar siswa MTS Raden Paku Wringinanom bernilai 92.02% dapat dikategorikan baik. (3) Tidak terdapat pengaruh antara latar belakang pendidikan siswa dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadist di MTS Raden Paku Wringinanom, dengan nilai korelasi -0,059, dengan signifikasi 0.635. Karena signifikasi > 0,05 maka Ho diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, Riska Nurriskafitria102@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Keywords: Latar Belakang Pendidikan; Prestasi Belajar; Qur'an hadist.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitriana Riska Nur
Date Deposited: 15 Feb 2019 02:58
Last Modified: 15 Feb 2019 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30121

Actions (login required)

View Item View Item