Penggunaan Testemonium de Auditu dalam kasus perceraian di Pengadilan Agama (Perspektif Hukum Islam)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nursalim, Moh Kasiron (2019) Penggunaan Testemonium de Auditu dalam kasus perceraian di Pengadilan Agama (Perspektif Hukum Islam). Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Moh Kasiron Nursalim_C01214012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab pertanyaan bagaimana penggunaan testemonium de auditu dalam kasus perceraian dan bagaimana analisis hukum Islam terkait dengan testemonium de auditu. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian pustaka yang menekankan kepada telaah literatur berkaitan dengan pokok pembahasan. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan dokumenter. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis diskriptif analisis yang mnegungkapkan data terkait penelitian selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan pola pikir induktif yaitu dengan mengungkapkan poin-poin khusus dari contoh penggunaan testemonium de auditu dalam kasus perceraian untuk selanjutnya di analisis dari konsep kesaksian istifadah dalam hukum acara Islam. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kesaksian testemonium de auditu dalam kasus perceraian bisa di terima.\ kesaksian tersebut dikontruksikan secara eksepsional dan dalam Islam sendiri testemoni de auditu sama dengan istifadah. Jika menurut dua ulama yaitu Abu Hanifah dan Ibnu Qayyim, penerapan istifadah bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan hukum hakim dalam memutus perceraian, karena istifadah bisa diterapkan pada kasus perceraian, maka penerapan testemonium de auditu bisa dijadikan salah satu pertimbangan hukum, atau kesaksiannya bisa diterima oleh hakim. Selaras dengan kesimpulan yang diperoleh maka disarankan untuk Peradilan Agama untuk dapat menerima saksi de auditu dengan ketentuan dan syarat yang terpenuhi serta sesuai dengan syahadah istifadah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nursalim, Moh KasironSiro.Scumbag@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Acara Perdata
Hukum > Hukum Perdata Islam
Uncontrolled Keywords: Testemonium de Auditu
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nursalim Moh Kasiron
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:43
Last Modified: 14 Feb 2019 07:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30110

Actions (login required)

View Item View Item