Pengaruh kompetensi pedagogik guru pai terhadap minat menghafal al-qur'an siswa sd plus sunsn pandanaran Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

cahyatiningsih, Idah Nur (2019) Pengaruh kompetensi pedagogik guru pai terhadap minat menghafal al-qur'an siswa sd plus sunsn pandanaran Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Idah Nur Cahyatiningsih_D71213102.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada umumnya cara yang dilakukan umat Islam dalam memelihara dan menjaga keotentikan ayat-ayat al-Qur`an, salah satunya dengan menghafal al-Qur`an. Dalam perkembangan zaman banyak lembaga-lembaga pendidikan yang terdapat program menghafal al-Qur’an pada usia dini. Untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam menghafal dibutuhkan peran guru pendidik terutama guru pendidikan agama islam. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk mengkaji pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap minat siswa untuk menghafal al-Qur’an.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan pendekatan korelasi yaitu penelitian yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan seberapa erat hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu. Adapun data yang digunakan adalah hasil dari analisis regresi yang kemudian disimultakan.Hasil penelitian yang diperoleh bahwasannya, 1)tingkat kompetensi pedagogik guru PAI SD Plus Sunan Pandanaran Blitar sesuai dengan distribusi data yang diperoleh berada ditingkat yang cukup dengan besaran presentase 64,29% tingkat yang cukup dan 35,71% tingkat yang tinggi. 2)siswa kelas VI di SD Plus “Sunan Pandanaran” Blitar memiliki minat yang cukup tinggi dalam menghafal al-Qur’an. Hal ini berdasarkan hasil angket mengenai minat menghafal al-Qur’an yang menunjukkan bahwa 41,4% memiliki tingkat yang tinggi, dan 48,6% memiliki tingkat yang cukup dalam minat menghafal al-Qur’an. 3) Terdapat pengaruh positif kompetensi pedagogik guru terhadap minat menghafal al-Qur’an siswa SD Plus Sunan Pandanaran Blitar dibuktikan dengan hasil analisis regresi dengan F hitung = 144,055 > F tabel 5% = 2,51 berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Kemudian untuk melihat pengaruh secara parsial antara variabel X dan Y, hasil analisis t hitung = 12,002 > t tabel = 1,998, dengan demikian juga terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel x dan y. Sehingga diketahui persamaan regresinya : y = + bx = 2,792 + 0,474X. Dan untuk uji hipotesis hubungan dua variabel mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas yaitu kompetensi pedagogik guru PAI terhadap variabel terikat yaitu minat menghafal al-qur’an siswa SD Plus Sunan Pandanaran Blitar sebesar 67,9%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
cahyatiningsih, Idah Nuridahcahaya123@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cahyatiningsih Idah Nur
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:54
Last Modified: 14 Feb 2019 02:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30104

Actions (login required)

View Item View Item