Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi self management dalam mengatasi insomnia seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bolhi, Mohammad Edry (2019) Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi self management dalam mengatasi insomnia seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Edry Bin Bolhi_B43215125.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Self Management dalam mengatasi insomnia seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana hasil akhir Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Self Management dalam mengatasi insomnia seorang Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif. Dalam menganalisa kendala insomnia seorang mahasiswa UINSA data yang digunakan berupa hasil observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa insomnia ini dampak fisiologis adalah yang bisa terjadi pada fisik atau tubuh seseorang. Tubuh akan merasa kelelahan, tekanan darah naik, merasa pusing, nyeri sendi, komponen molekul pada tubuh juga meningkat dan berdampak pada gangguan kesehatan. Gangguan sistem metabolisme tubuh juga bisa terjadi misalnya peningkatan kadar gula darah atau hiperglikemi atau juga bisa hipoglikemia, hiperlipidemia, hipertensi, dan lain sebagainya. Bahkan dampak pada psikolosis dan social. Hasil akhir dari proses ini cukup berhasil dengan presentase 85% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku konseli yang kurang semangat menjalani kehidupan kesehariannya menjadi semnagat dengan wajah yang tenang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bolhi, Mohammad Edryedrybolhi1995@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Bimbingan Konseling
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Terapi Self Management; Insomnia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Edry Mohammad Bin Bolhi
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:46
Last Modified: 14 Feb 2019 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30089

Actions (login required)

View Item View Item