Analisis framing pemberitaan deklarasi kampanye damai Pemilihan Presiden 2019 di Liputan6.com dan Tempo.co

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Sekarini Ashri (2019) Analisis framing pemberitaan deklarasi kampanye damai Pemilihan Presiden 2019 di Liputan6.com dan Tempo.co. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sekarini Ashri Fitria_B01215041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yang dikaji oleh penulis dalam penelitian ini adalah tentang representasi pemberitaan deklarasi kampanye damai Pemilihan Presiden 2019 di Liputan6.com dan Tempo.co. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami representasi pemberitaan deklarasi kampanye damai Pemilihan Presiden 2019 di media online Liputan6 dan Tempo. Metode yang digunakan adalah metode penelitian analisis teks media dengan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah, dari hasil pemberitaan deklarasi kampanye damai Pemilihan Presiden 2019 selama tanggal 23 September s/d 30 September 2018 Liputan6.com mengunggah sebanyak 34 berita, sedangkan Tempo.co mengunggah 12 berita. Liputan6.com menekankan bahwa poin penting dalam deklarasi kampanye damai kali ini adalah kampanye yang “tanpa hoaks dan anti-SARA”, sedangkan Tempo.co menekankan bahwa deklarasi kampanye damai kali ini mengusung tema “kampanye yang damai, demokratis, dan bermartabat”. Namun demikian, kedua media sama-sama mengisahkan bahwa pelaksanaan deklarasi kampanye damai Pemilihan Presiden 2019 berjalan dengan baik dan lancar meskipun ada aksi walk out dari salah satu Ketua Umum Partai Politik. Rekomendasi dan saran kepada peneliti selanjutnya, agar penelitian mengenai analisis framing ini dapat menjadi acuan untuk penelitian-penelitian selanjutnya, agar menghasilkan penelitian yang lebih advance dan berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Sekarini Ashrisekariniashri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Media Massa
Jurnalisme
Keywords: Analisis Framing; Kampanye; Damai; Pemilihan Presiden
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fitria Sekarini Ashri
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:46
Last Modified: 14 Feb 2019 02:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30080

Actions (login required)

View Item View Item