Strategi suami istri dalam menghadapi belenggu kapitalisme di desa Balongdowo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahrul, Alfian (2019) Strategi suami istri dalam menghadapi belenggu kapitalisme di desa Balongdowo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Sahrul Alfian_B75213055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merumuskan masalah mengenai faktor yang mendorong suami istri bekerja dan strategi suami istri bekerja di Desa Balongdowo. Tujuannya untuk mengetahui beberapa faktor pendorong suami istri bekerja dan bagaimana strategi suami istri bekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif menggunakan observasi dan wawancara.Efek dari perkembangan kapitalisme salah satunya yaitu keluarga sebagai unit produksi untuk memenuhi kebutuhan dan bahkan tuntutan hidup untuk keinginannya. Kehidupan yang menjadikan ciri khas orang modern yaitu budaya konsumtif atau hedonisme yang harus menuntut orang untuk bisa mengikuti jaman. Orangtua yang bertanggung jawab untuk mencari nafkah agar terpenuhi kebutuhannya, peran seorang ibu khususnyatidak hanya sebagai ibu rumah tangga melainkan juga membantu dalam perekonomian keluarga untuk memenuhi kebutuhan yaitudengan ikut bekerja. Bahkan seorang anak pun diikut sertakan untuk bekerja dari keluarga yang miskin. Dengan banyaknya kebutuhan dan keinginan di era modern saat ini, suami istri bekerja untuk memenuhi kebutuhan dalam keluarga. Terjadi juga strategi di dalam keluarga itu sendiri, seperti halnya peran suami istri yang bekerja. Perkembangan industri daerah Kecamatan Candi membuat warga di Desa Balongdowo yang awalnya masyarakat mata pencahariannya petani dan nelayan beralih menjadi buruh pabrik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahrul, Alfiansahrulalfian7@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Alfian Mochamad Sahrul
Date Deposited: 14 Feb 2019 04:23
Last Modified: 14 Feb 2019 04:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30059

Actions (login required)

View Item View Item