Konseling pra nikah dengan teknik self management dalam mengatasi perilaku konsumtif pada seorang calon pengantin wanita di desa Kraton Krian Sidoarjo

Kholida, Nurul (2019) Konseling pra nikah dengan teknik self management dalam mengatasi perilaku konsumtif pada seorang calon pengantin wanita di desa Kraton Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Kholida_B93215110.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus peneliti pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan konseling pranikah dengan teknik self management dalam mengatasi perilaku konsumtif pada seorang calon pengantin wanita di desa Kraton Krian Sidoarjo? (2) Bagaimana hasil akhir pelaksanaan konseling pranikah dengan teknik self management dalam mengatasi perilaku konsumtif pada seorang calon pengantin wanita di desa Kraton Krian Sidoarjo? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan peneliti kualitatif dengan jenis study kasus yang setelah itu di analisis denga menggunakan deskriptif komperatif, sedangkan untuk mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Setelah data terkumpul lalu di analisis untuk mengetahui proses konseling pra nikah dengan teknik self management lalu membandingkan sebelum proses dan hasilnya sesudah proses konseling. Proses konseling pra nikah dengan teknik self management melalui beberapa tahap yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment atau terapi dan terakhir follow up atau evaluasi. Pada penelitian ini menggunakan konseling pra nikah dan teknik self mangement. Konseling pra nikah dengan teknik self management dilaksanakan dalam 7 kali pertemuan, dimana di setiap pertemuan membahas dan belajar bersama tema yang berbeda selain itu menggunakan video untuk perilaku konsumtif serta mengaitkan dengan dampak-dampak yang terjadi ketika melakukan perilaku tersebut di dalam sebuah rumah tangga. Dengan konseling pra nikah dengan teknik self management dapat membantu calon pengantin wanita mendapatkan bekal sebelum pernikahan dan membantu konseli bisa mengendalikan diri untuk tidak berperilaku konsumtif. Hasil akhir dari proses konseling terhadap konseli dalam penelitian ini dinyatakan cukup berhasil dapat di buktikan dengan pernyataan konseli mengaku bahwa mendapatkan pengetahuan tentang pernikahan dan cukup memahami dampak-dampak negatif perilaku konsumtif ketika berumah tangga kelak. dan cukup bisa mengendalikan diri untuk tidak berbelanja dengan berlebihan.

Email: nurulkholida@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ningsih, Yusria
Uncontrolled Keywords: Konseling Pra nikah; Perilaku Konsumtif; Teknik Self management
Subjects: Bimbingan Konseling
Nikah
Perilaku
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kholida Nurul
Date Deposited: 14 Feb 2019 01:43
Last Modified: 14 Feb 2019 01:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30052

Actions (login required)

View Item View Item