Peningkatan pemahaman subtema 1 Kewajiban dan Hakku di rumah melalui model Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas IIIA MI Miftahul Ulum Menganti Gresik Tahun Ajaran 2018/2019

Sandra, Riskha Dwi (2019) Peningkatan pemahaman subtema 1 Kewajiban dan Hakku di rumah melalui model Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas IIIA MI Miftahul Ulum Menganti Gresik Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riskha Dwi Sandra_D07215038.pdf

Download (822kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 2. Hal tersebut diketahui pada saat wawancara dengan guru pengampu pembelajaran Tematik pada tahap Prasiklus bahwa pembelajaran Tematik yang menggunakan metode pembelajaran tradisional disertai kegiatan monoton yaitu membaca dan menulis menjadikan siswa kurang termotivasi dalam meningkatkan pemahaman. Sehingga siswa yang aktif hanya berkisar 55%, dan siswa yang mampu menjawab dengan benar berkisar 30%. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan pemahaman siswa yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dilakukan dalam peningkatan pemahaman Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah pada siswa kelas IIIA MI Miftahul Ulum Menganti Gresik Tahun Ajaran 2018/2019? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas IIIA MI Miftahul Ulum Menganti Gresik Tahun Ajaran 2018/2019? Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,,wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru dan siswa, lembar wawancara, lembar tes butir soal pilihan ganda dan uraian, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam penelitian ini terjadi peningkatan skor dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 79,76 (Cukup) menjadi 85,71 (Baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I memperoleh skor 69,31 (Kurang Baik) meningkat menjadi 82,95 (Baik) 2) Pemahaman subtema 1 melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT mengalami peningkatan. Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata dari siklus I yaitu 76,61 (Cukup) meningkat menjadi 82,12 (Baik) pada siklus II dengan perolehan persentase 66,67% (Kurang Baik) menjadi 84,38% (Baik).

Email: riskhadwisandra@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sihabudin, Sihabudin
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pemahaman; Tema 4 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah Pembelajaran 2; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sandra Riskha Dwi
Date Deposited: 14 Feb 2019 05:29
Last Modified: 14 Feb 2019 05:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30048

Actions (login required)

View Item View Item