Pengaruh metode pembelajaran sentra terhadap perkembangan kemampuan bersosialisasi anak di TK Mujahidin 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Millasari, Intan (2019) Pengaruh metode pembelajaran sentra terhadap perkembangan kemampuan bersosialisasi anak di TK Mujahidin 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Millasari-D78214023-Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode pembelajaran di Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk mengembangkan potensi anak secara optimal dikarenakan tidak hanya mengajarkan di bidang akademik saja melainkan juga mengembangkan psikososial anak. Metode pembelajaran merupakan sarana untuk mensosialisasikan nilai-nilai kehidupan yang berlaku di masyarakat kepada anak sehingga anak dapat mengerti dan mengetahuinya. Proses sosialisasi anak akan sangat dipengaruhi oleh para pengajar dan bentuk kegiatan yang diberikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran sentra terhadap dan kemampuan bersosialisasi anak, dimana metode ini sebelumnya memang sudah di terapkan di Tk Mujahidin 1 Surabaya. Kemampuan sosialisasi anak diperoleh dari berbagai kesempatan dan pengalaman dari berinteraksi dengan orang-orang disekelilingnya, dan melalui Metode Pembelajaran Sentra, anak dirangsang untuk secara aktif melakukan kegiatan bermain sambil belajar bersama teman sebaya. Seluruh kegiatan pembelajaran berfokus pada anak sebagai subyek pembelajar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah jenis expost facto, jenis penelitian ini berhubungan dengan adanya sebab akibat suatu kejadian yang artinya penelitian ini sudah terjadi pada subjek sebelum peneliti melakukan suatu penelitian, yang mana proses kegiatan yang dilakukan berupa menyajikan data pada tiap variabel, pemberian skor pada tiap instrumen kegiatan, kemudian melakukan perhitungan, menguji hipotesis dan menguji teknik korelasi product moment.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu hasil koefisien korelasi sebesar 0,966 berarti terdapat korelasi yang sangat kuat atau sangat tinggi, dan berdasarkan dari taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0.05) terdapat pengaruh yang signifikansi antara pengaruh metode pembelajaran sentra dengan kemampuan bersosialisasi anak di TK Mujahidin 1 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Millasari, Intanintanmilla96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Millasari Intan
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:06
Last Modified: 15 Feb 2019 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30031

Actions (login required)

View Item View Item