Peran pemuda mengatasi kenakalan remaja: studi terhadap Gerakan Pemuda Ansor Pimpinan Anak Cabang Kecamatan Batuputih Kabuapaten Sumenep Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunarto, Sunarto (2017) Peran pemuda mengatasi kenakalan remaja: studi terhadap Gerakan Pemuda Ansor Pimpinan Anak Cabang Kecamatan Batuputih Kabuapaten Sumenep Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sunarto_F520915030.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kenakalan remaja yang terjadi di kecamatan Batuputih muncul dengan sosok yang lebih variatif. Seperti kasus pemerkosaan dan pencabulan yang dilakukan oleh remaja hingga remaja bersentuhan dengan obat-obatan terlarang seperi narkoba dan sabu-sabu. Gerakan Pemuda Ansor (GP ANSOR), kehadirannya sebagai organisasi kepemudaan sangat harapkan dapat menyelesaikan masalah perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja atau pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang mempunyai tugas melanjutkan perjuangan dan cita- cita proklamator bangsa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah peran GP Ansor mengatasi kenakalan remaja, 2) Apa saja kendala yang dihadapi GP Ansor dalam mengatasi kenakalan remaja, 3) Bagaimana solusi GP ANSOR saat menemukan hambatan dalam mengatasi kenakalan remaja. Untuk mengetahui jawaban dari rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan metode grounded research. Hasil penelitian menunjukan bahwa GP Ansor mempunyai peran dalam mengatasi kenakalan remaja di kecamatan Batuputih, dimana hal tersebut tertuang dalam program kerja GP Ansor dalam bidang pemberdayaan masyarakat, dan badan semi otonom yang disebut Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR). Di dalam tubuh Ansor sendiri terdapat program kepemudaan dan di Baanar terdapat program yang berhubungan dengan masalah kenakalan remaja yang berkaitan dengan narkoba; yaitu pencegahan, pendampingan, dan pembinaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunarto, Sunartosunartoalubys@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Patologi Sosial
Keywords: Peran; Gerakan Pemuda Ansor; Kenakalan Remaja
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Sunarto Sunarto
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:55
Last Modified: 04 Jul 2019 04:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30029

Actions (login required)

View Item View Item