Pendampingan masyarakat dalam upaya mencegah terjadinya stunting di Desa Karangturi Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan melalui tim kader posyandu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Chafidhotun Nur (2019) Pendampingan masyarakat dalam upaya mencegah terjadinya stunting di Desa Karangturi Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan melalui tim kader posyandu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chafidhotun Nur Jannah_B92214060.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada balita yang terkena problem stunting melalui Tim Kader Posyandu untuk mencegah terjadinya resiko stunting di Desa Karangturi. Tujuan dari penelitian ini adalah mencegah terjadinya stunting pada generasi yang akan datang. Stunting tidak dapat disembuhkan secara langsung. Akan tetapi salah satu pencegahannya adalah pada remaja-remaja untuk menkonsumsi tablet tambah darah mulai dari remaja usia 12 tahun sampai dengan menikah. Hal ini menjadi salah satu alat untuk mengurangi resiko stunting. Hal juga diakibatkan karena pola hidup tidak sehat yang mencangkup perilaku konsumsi yang tidak memperhatikan acuan gizi seimbang, dan pemahaman gizi yang kurang. Hal ini yang menyebabkan masalah stunting pada balita di Desa Karangturi Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sosial Participatory Action Research (PAR). PAR terdiri dari tiga kata yang paling berhubungan satu sama lain. Ketiga kata tersebut adalah pastisipasi, riset, dan aksi. PAR sengaja dirancang untuk mengkonsep prosesnya. Strategi yang dilakukan antara lain melalui sekolah gizi kepala tim kader posyandu. Sasarannya kepada tim kader posyandu sebagai relawan untuk mendampingi ibu-ibu yang memiliki balita menyandang stunting. Penelitian ini membangun kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat. Dalam prosesnya penelitian bersama Kader Posyandu, Bidan, Ahli Gizi, Pemerintah Desa untuk menciptakan sekolah gizi untuk mempermudah pengorganisasian riset. Melalui Tim Kader Posyandu dan Sekolah Gizi menghasilkan peningkatan kesadaran masyarakat dalam memahami pola hidup sehat. Hal ini ditandai dengan keaktifan tim Kader Posyandu. Hasilnya menunjukan bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan beberapa dari mereka mengimplementasikan pengetahuan yang didapatkan melalui sekolah gizi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Chafidhotun Nurchafidhotunnurjannah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan > Ibu dan Anak - Pelayanan Kesehatan
Kesehatan > Ibu dan Anak - Pelayanan Kesehatan
Uncontrolled Keywords: pengetahuan; status gizi; sekolah gizi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Jannah Chafidhotun Nur
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:48
Last Modified: 14 Feb 2019 06:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30019

Actions (login required)

View Item View Item