Peningkatan hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 3 tentang energi alternatif melalui model contextual teaching and learning (ctl) pada siswa kelas iv-a di MI Khoirul Huda Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Ismi (2019) Peningkatan hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 3 tentang energi alternatif melalui model contextual teaching and learning (ctl) pada siswa kelas iv-a di MI Khoirul Huda Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismi Azizah_D07215019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan karena penyampaian materi kurang dihubungkan dengan lingkungan sekitar, sehingga siswa merasa bosan dan menimbulkan penurunan hasil belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti melakukan tindakan perbaikan pada tema 2 subtema 3 tentang energi alternatif dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada tema 2 subtema 3 tentang Energi Alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-A di MI Khoirul Huda Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 3 tentang Energi Alternatif dengan menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada kelas IV-A di MI Khoirul Huda Sidoarjo.Metode penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdapat empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, dan dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A MI Khoirul Huda Sidoarjo dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model CTL telah terlaksana dengan baik dan memperoleh peningkatan. Skor observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 77 (cukup), pada siklus II menjadi 92 (sangat baik). Hasil skor observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 72 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 94 (sangat baik). 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa, hal ini dapat diukur dengan kemampuan siswa menyebutkan dan menjelaskan di depan kelas. Terbukti pada kegiatan pra siklus diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 47% (sangat kurang) dengan nilai rata-rata kelas 67 (kurang). kemudian pada siklus I meningkat dengan persentase 50% (sangat kurang) dengan nilai rata-rata kelas 69,5 (kurang) dan pada siklus II terjadi peningkatan lagi dengan persentase 84% (baik) dengan nilai rata-rata 85,5 (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Ismiismiazizah287@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar siswa; Energi alternatif; Model contextual teaching and learning (ctl)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Azizah Ismi
Date Deposited: 14 Feb 2019 04:36
Last Modified: 14 Feb 2019 04:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30016

Actions (login required)

View Item View Item