Konseling Sirah Nabawiyah dengan Teknik Growth Mindset untuk Memotivasi Belajar Seorang Mahasiswi di Organisasi IKWANS Surabaya

Ahmad, Mursyidah Binti (2019) Konseling Sirah Nabawiyah dengan Teknik Growth Mindset untuk Memotivasi Belajar Seorang Mahasiswi di Organisasi IKWANS Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mursyidah Binti Ahmad_B43215128.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan Konseling Sirah Nabawiyah dengan teknik growth mindset untuk memotivasi belajar seorang mahasiswi di Organisasi IKWANS Surabaya? (2) Bagaimana hasil akhir pelaksanaan Konseling Sirah Nabawiyah dengan teknik growth mindset untuk memotivasi belajar seorang mahasiswi di Organisasi IKWANS Surabaya? Dalam memjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul analisa dilakukan untuk mengetahui proses dan hasil, yaitu membandingkan antara teori dan lapangan serta membandingkan kondisi sebelum dan sesudah mendapatkan Konseling Sirah Nabawiyah dengan Teknik Growth Mindset. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa : (1) Proses Pelaksanaan Konseling Sirah Nabawiyah dengan Teknik Growth Mindset untuk memotivasi belajar seorang mahasiswi di Organisasi IKWANS Surabaya. Penelitian ini menggunakan Konseling Sirah Nabawiyah dengan Teknik Growth Mindset berdasarkan identifikasi kasus, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi dan follow up untuk mengetahui permasalahan klien yang tidak mempunyai semangat belajar karena kehilangan ayahnya dengan menggunakan Konseling Sirah Nabawiyah dengan Teknik Growth Mindset untuk mengembangkan pola pikir klien dengan menceritakan kisah-kisah Rasulullah yang memotivasi klien. Langkah-langkah terapi konseling sirah nabawiyah dengan teknik growth mindset yang dilakukan adalah yang pertama, mengembalikan keyakinan klien agar bisa bersemangat dengan merubah pikirannya yang fixed mindset supaya dapat berfikir positif dengan kisah motivasi Rasulullah, memberikan video motivasi kisah-kisah Rasulullah yang menginspirasi, memberi tantangan kepada klien untuk melihat foto ayahnya sebelum dia mengerjakan tugas dan menjual makanan Malaysia untuk membantu pemasalahan ekonomi klien. (2) Hasil akhir pelaksanaan Konseling Sirah Nabawiyah dengan Teknik Growth Mindset untuk memotivasi belajar seorang mahasiswi di Organisasi IKWANS Surabaya adalah dikatakan cukup berhasil dengan presentase 71% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada kondisi klien yaitu klien mengerjakan tugasan kuliah, bersosialisasi dengan baik, tidak sering tidur, berfikiran positif, dan tidak suka menyendiri.

Email: mursyidah2710@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Albaar, Ragwan
Uncontrolled Keywords: Konseling Sirah Nabawiyah; Teknik Growth Mindset; Memotivasi Belajar.
Subjects: Bimbingan Konseling
Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mursyidah Mursyidah binti Ahmad
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:32
Last Modified: 14 Feb 2019 03:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30012

Actions (login required)

View Item View Item