Membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana banjir melalui Kelompok Siaga Bencana di Desa Meluwur Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizal, Khoirul (2019) Membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana banjir melalui Kelompok Siaga Bencana di Desa Meluwur Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Rizal_B72214020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengurai tentang tingginya risiko banjir dan strategi untuk membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi banjir di Desa Meluwur. Membentuk kesiapsiagaan merupakan langkah yang tepat untuk upaya mengurangi resiko bencana banjir disana. Untuk mewujudkan kesiapsiagaan masyarakat perlu adannya peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi tingginya risiko bencana. Dengan begitu masyarakat dapat lebih siapsiaga dalam menghadapi banjir yang akan terjadi, sehingga mereka dapat mengurangi risiko dampak dari banjir. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Dalam metode ini melibatkan secara aktif masyarakat Desa Meluwur dalam proses pendampingan. Mulai dari penggalian data, merumuskan masalah, hingga merencanakan program masyarakat terlibat aktif di dalamnya. Untuk mewujudkan partisipasi aktif dari masyarakat dilakukan sebuah inkulturasi sebagai sarana untuk menumbuhkan kepercayaan antara fasilitator dan masyarakat dampingan. Dalam penerapanya pada riset ini penggalian data menggunakan wawancara semi tersturktur, ditambah dengan tools PRA seperti mapping, FGD dan transect. Masyarakat secara aktif ikut berperan dalam penggalian data sehingga data-data yang terkumpul sesuai dengan kondisi yang sebenarnya ada di Desa Meluwur. Dari penelitian dan pendampingan ini menghasilkan sebuah pendidikan tentang kesiapsiagaan masyarakat dalam mengadapi bencana banjir. Setelah pendidikan itu dilakukan, muncul inisiatif dari masyarakat Meluwur untuk mewujudkan suatu kelompok siaga banjir. Setelah adanya kelompok siaga bencana, dilakukan juga advokasi kebijakan kepada pemerintah desa untuk mendukung kegiatan-kegiatan masyarakat dalam kesiapsiagaan. Perubahan yang dicapai setelah dilakukannya penelitian dan pendampingan ini, masyarakat lebih sadar akan kondisi desanya yang menjadi area rawan banjir. Muncul juga inisiatif untuk membentuk kelompok siaga banjir yang itu membuktikan mereka mulai siapsiaga dalam menghadapi banjir yang akan terjadi sehingga risiko dampak akibat banjir dapat berkurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizal, Khoirulrizal13091995@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bencana alam
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan; PRB; Kelompok Siaga Bencana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizal Khoirul
Date Deposited: 14 Feb 2019 04:04
Last Modified: 14 Feb 2019 04:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30005

Actions (login required)

View Item View Item