Kepemimpinan Afiliatif Kepala Madrasah Di MTs Darul Hikmah Tarik Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhud, Mokhamad Kharis (2019) Kepemimpinan Afiliatif Kepala Madrasah Di MTs Darul Hikmah Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Mokhamad Kharis Suhud D03212050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Kepemimpinan Afiliatif Kepala Madrasah di MTs Darul Hikmah Tarik Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai Model Kepemimpinan Afiliatif Kepala Madrasah, Faktor Pendukung dan Penghambat Kepemimpinan Afiliatif, Dampak dari Kepemimpinan Afiliatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan berbagai teknik yaitu: wawancara yang dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan untuk narasumber, observasi dilakukan dengan cara mengamati berbagai kegiatan yang terdapat di lokasi dan yang bersangkutan dengan tema, dan dokumentasi dengan cara mengumpulkan data yang telah tersedia berupa foto, laporan atau dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan afiliatif adalah sosok Pemimpin yang lebih menekankan kolaborasi, mampu menumbuhkan kekeluargaan di setiap relasi, mendorong interaksi yang ramah, dan mampu mengembangkan jaringan relasi dengan baik. Sesuai dengan penerapan kepala madrasah di MTs Darul Hikmah Tarik Sidoarjo yaitu menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan, dan positif, serta bisa menerima semua masukan dan ide dari bawahan dan tidak membanding bandingkan antara anggota satu dengan anggota lainnya. Dampak penerapan kepemimpinan afiliatif kepala madrasah yaitu akan terciptanya suasana harmonis antara bawahan dan atasan, namun juga akan menjadi celah bagi bawahan untuk melanggar aturan dikarenakan pemimpin afiliatif cenderung menindak masalah dengan sangat hati-hati dan bersimpati tinggi. Faktor pendukung dari kepemimpinan afiliatif adalah adanya respon positif dari bawahan atas simpati yang diberikan kepala madrasah, faktor penghambat dari kepemimpinan afiliatif kepala madrasah adalah bawahan akan meremehkan ketegasan kepala madrasah dalam menyikapi suatu masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhud, Mokhamad Kharisharis.asus00ad@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepemimpinan Afiliatif; Kepala Madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Suhud Mokhamad Kharis
Date Deposited: 13 Feb 2019 08:27
Last Modified: 13 Feb 2019 08:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29997

Actions (login required)

View Item View Item