Studi ritual karo budi bagi komunitas kejawen di desa klino kecamatan sekar Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rakhmat, Dwi Mas Dedika (2019) Studi ritual karo budi bagi komunitas kejawen di desa klino kecamatan sekar Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi mas dedika rakhmat_ E72214026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ritual Karo Budi merupakan budaya lokal yang dilaksanakan turun temurun oleh masyarakat Islam Kejawen di lereng Gunung Pandan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosesi, tujuan diadakan ritual dan makna dari Ritual Karo Budi. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teori yang peneliti gunakan dalam menganalisis data yaitu teori Clifford Geertz, teori kebudayaan yang menjelaskan bahwa simbol-simbol yang muncul untuk dapat memahami tujuan dan makna diadakan ritual Karo Budi yang ada dalam masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah Ritual Karo Budi dilaksanakan pada hari yang dianggap sebagai hari baik bagi masyarakat suku Jawa, yakni hari Jum’at Legi dan Suroan. Ritual Karo Budi yang dilaksanakan bertujuan agar jiwa dan pikiran pelaku yang mengikuti ritual dapat kembali jernih agar saat pelaksanaan ritual doanya akan dikabulkan. Prosesi dalam Ritual Karo Budi terbagi menjadi tiga tahap yaitu pembukaan, pelaksanaan dan penutup. Tahap pelaksanaan merupakan inti dari Ritual Karo Budi. Simbol makna yang digunakan saat pelaksanaan Ritual Karo Budi yaitu Ayam kampung berwarna hitam dan putih, kembang kanthil kenongo, kembang 7 rupa, dupa dan menyan. Simbol-simbol tersebut memiliki arti dan makna masing-masing yang dipercaya oleh masyarakat Islam Kejawen sebagai penunjang terselenggaranya pelaksanaan ritual

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rakhmat, Dwi Mas Dedikadwimasdedika8@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perbandingan Agama
Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Rakhmat Dwi Mas Dedika
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:49
Last Modified: 13 Feb 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29991

Actions (login required)

View Item View Item