Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pemerintahan desa mata pelajaran pkn di kelas iv Minu Waru ii Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurul, Hidayatur Rohmah (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pemerintahan desa mata pelajaran pkn di kelas iv Minu Waru ii Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Fatkhurrozi_D77214053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas IV untuk memahami materi pemerintahan desa pada mata pelajaran PKN. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dan dokumentasi pada kegiatan dan dokumentasi pada kegiatan pra siklus. Hal tersebut disebabkan model yang digunakan guru yaitu cenderung ceramah dan penggunaan media kurang menarik antusias siswa. Dari jumlah 28 siswa masih terdapat 16 siswa mendapat nilai dibawah KKM.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan pemahaman materi pemerintahan desa pada pelajaran PKN siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo. (2) Bagaimanaa peningkatan pemahaman materi pemerintahan desa pada pelajaran PKN siswa kelas IV MINU Waru II Sidoarjo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin, yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi, yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif, dengan cara pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MINU Waru Sidoarjo tahun pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 28 siswa.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan pemahaman siswa terkait materi Pemerintahan Desa pada pelajaran PKN dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yang memperoleh skor sebesar 66,41(cukup) dan meningkatkan pada siklus II sebesar 87,12 (baik), sedangkan pada aktivitas siswa di siklus I memperoleh skor sebesar 63,46 (cukup) dan meningkatkan pada siklus II sebesar 97,11 (sangat baik). 2) Peningkatan pemahaman materi Pemerintahan Desa pada pelajaran PKN siswa kelas IV setelah diterapkan model pembelajaran Group Investigation) terlihat hasil nilai rata-rata siswa, pada pra siklus sebesar 59,39 (kurang) dengan persentase ketuntasan sebesar 42,81% (kurang), menjadi sebesar 70,3 (cukup) pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 53,57% (kurang), dan meningkat pada siklus II sebesar 83 (baik) dengan presentase ketuntasan sebesar 89% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurul, Hidayatur Rohmahhidanurul5@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan Pemahaman, Group Investigation, Materi Pemerintahan Desa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fatkhurrozi Achmad
Date Deposited: 13 Feb 2019 07:19
Last Modified: 13 Feb 2019 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29987

Actions (login required)

View Item View Item