Peningkatan pemahaman konsep bagian- bagian tumbuhan pada tema 3 sub tema 1 melalui Numbered Heads Together di kelas 4C MI al- Ahmad Mojosanteren Krian Sidoarjo

Subhatina, Amaniah Irsalina (2019) Peningkatan pemahaman konsep bagian- bagian tumbuhan pada tema 3 sub tema 1 melalui Numbered Heads Together di kelas 4C MI al- Ahmad Mojosanteren Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amaniah Irsalina Subhatina_D97215050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran tematik pada materi bagian- bagian tumbuhann di MI Al- Ahmad Mojosantren Krian Sidoarjo belum mencapai pemahaman konsep. Hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang berkesan, karena dalam penyampaian pembelajaran guru terikat pada target waktu, dan siswa kelas IV C MI Al- Ahmad yang sebagian besar siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik ini merubah cara pandang kepada siswa sehingga guru hanya melihat beberapa siswa saja yang sudah memahami konsep menjadi dianggap semua sudah paham akan konsep yang disampaikan kepada siswa serta suasana kelas yang individualis dan kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran numbered heads together pada pembelajaran tematik tema 3 sub tema 1 di MI AL- Ahmad Mojosantren Krian Sidoarjo tahun pelajaran 2018- 2019. 2) untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa kelas IV C MI Al- Ahmad tahun pelajaran 2018- 2019 pada mata pelajaran termatik tema 3 sub tema 1 materi bagian- bagian tumbuhan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang menggunakan model PTK Kurt Lewin, yang mana dalam setiap siklusnya memiliki 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes serta analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran numbered heads together pada mata palajaran tematik tentang bagian- bagian tumbuhan berjalan dengan baik, yang mana terdapat refleksi pada setiap siklusnya. Hasil skor aktivitas guru meningkat dari siklus I adalah 78 dengan kategori baik dan di siklus II adalah 90 dengan kategori sangat baik. Hasil skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 79 dengan kategori baik dan di silkus II adalah 90 dengan kategori sangat baik. 2) terjadi peningkatan pemahaman konsep, pada hal ini dapat dibuktikan dengan persentase ketuntasan siswa pada pra siklus adalah 41% dengan kategori kurang, siklus I adalah 62.5 % dengan kategori cukup dan pada siklus II adalah 84 % dengan kategori baik. Nilai rata- rata kelas pada pra siklus adalah 60, siklus I adalah 74 dan pada siklus II adalah 80. Uraian di atas menunjukkan bahwa pemahaman konsep bagian- bagian tumbuhan pada setiap siklusnya meningkat dan telah mencapai indikator penelitian yang ditetapkan.

Email: nia18121996@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sihabudin, Sihabudin
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep; Bagian-bagian tumbuhan; Numbered heads together, Kelas IV C MI
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Subhatina Amaniah Irsalina
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:36
Last Modified: 13 Feb 2019 06:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29974

Actions (login required)

View Item View Item