Studi tafsir al Kashshaf tentang ayat-ayat siksa kubur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryadi, Ike Windi (2019) Studi tafsir al Kashshaf tentang ayat-ayat siksa kubur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Ike Windi Suryadi_E93215067.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kitab tafsir adalah salah satu yang digunakan umat Islam sebagai pedoman untuk memahami kandungan isi Alquran. Keberagaman mufassir dalam menyusun kitab tafsir menjadikan adanya perbedaan dalam menafsirkan ayat Alquran. Munculnya mufassir yang menggunakan bi ra’y menjadikan perselisihan yang berakhir pada pembelaan terhadap golongan yang dianut mufassir. Mufassir yang dijustifikasi membela golongannya adalah al-Zamakhshari yang mengarang kitab tafsir al-Kashshaf. al-Zamakhshari adalah mufassir yang menganut faham Mu’tazilah dan dalam fikih nya bermadzhab Hanbali. Beberapa Ulama berkomentar setelah mengkaji al-Kashshaf, yang mengatakan bahwa al-Zamakhshari dalam menafsirkan Alquran menggunakan keindahan bahasa untuk membela Mu’tazilah. Namun, bagaimana penafsiran al-Zamakhshari dalam menafsirkan ayat mengenai siksa kubur, apakah al-Zamakhshari konsisten dengan teologi yang dianutnya. Dalam penelitian tidak lepas dari sebuah metode, dalam penelitian ini menggunakan metode Library Research dengan menyajikan data yang berkaitan dengan siksa kubur, penafsiran al-Zamakhshari yang semuanya bersifat dta primer dan sekunder. Dan menggunakan metode deskirptif analitik yaitu menafsirkan dan menganalisa dalam pengolahan data. Kemudian, hasil dari penelitian ini dapat dikemukakan beberapa deskripsi sebagai berikut: al-Zamakhshari dalam menfasirkan ayat-ayat siksa kubur menjelaskan bahwa al-Zamakhshari mengimani adanya siksa kubur. Adanya penjelasan bahwa golongan Mu’tazilah adalah salah satu golongan yang mengingkari adanya siksa kubur, dan dijelaskan diawal al-Zamakhshari adalah mufassir yang menganut Mu’tazilah maka dapat disimpulkan bahwa al-Zamakhshari tidak selamanya mengikuti ajaran dalam Mu’tazilah salah satunya dalam ayat siksa kubur. Ketidakkonsistenan al-Zamakhshari dalam ayat siksa kubur tidak dijadikan masalah yang besar sehingga al-Kashshaf masih menjadi pedoman bagi murid serta sahabatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryadi, Ike WindiIkewindisuryadi17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Alam Barzah
Iman Kepada Allah
Uncontrolled Keywords: Siksa Kubur; Konsistensi al Zamakhshari; Mu’tazilah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Suryadi Ike Windi
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:40
Last Modified: 13 Feb 2019 03:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29969

Available Versions of this Item

  • Studi tafsir al Kashshaf tentang ayat-ayat siksa kubur. (deposited 13 Feb 2019 03:40) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item