Peningkatan pemahaman konsep pola barisan Bangun Ruang mata pelajaran Matematika melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di Kelas 2 D MI Al Ahmad Mojosantren Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subhati, Amaliah Irsalina (2019) Peningkatan pemahaman konsep pola barisan Bangun Ruang mata pelajaran Matematika melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di Kelas 2 D MI Al Ahmad Mojosantren Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amaliah Irsalina Subhati_D97215049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi pada hasil ulangan harian siswa, dimana 57 % siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Dilihat saat proses pembelajaran masih teacher center, dan karakteristik siswa yang aktif membuat proses penerimaan ilmu kurang maksimal. alternatif dari kendala pembelajaran yaitu kegiatan pembelajaran yang bervariasi seperti menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan penelitian ini: 1) penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dalam peningkatan pemahaman konsep pola barisan bangun ruang pada siswa kelas II D MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo. 2) peningkatan pemahaman konsep pola barisan bangun ruang setelah menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada siswa kelas II D MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin 4 yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahap disetiap siklusnya. Penelitian dilaksanakan di MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo pada kelas II D dengan jumlah 30 siswa dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Dari hasil penelitian mendapatkan hasil : 1). Model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil aktivitas guru di siklus I mendapatkan skor 78 (baik) dan siklus II skor 90,9 (sangat baik) dan aktivitas siswa didapatkan hasil siklus I mendapat skor 77(baik) pada siklus II skor 90,22 (sangat baik). 2) Pemahaman konsep siswa pada materi pola barisan bangun ruang mata pelajaran matematika terdapat peningkatan pada rata – rata kelas dan ketuntasan pemahaman siswa. Hasil nilai rata – rata kelas pada siklus I 72,3 (cukup) pada siklus II 81(baik), dilihat dari prosentase ketuntasan pemahaman siswa siklus I 56,67% (kurang baik) di siklus II 83% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subhati, Amaliah Irsalinaamaliahirsalina995@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep; pola barisan bangun ruang; model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Subhati Amaliah Irsalina
Date Deposited: 13 Feb 2019 08:14
Last Modified: 13 Feb 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29968

Actions (login required)

View Item View Item