Problematika administrasi guru (studi kasus di Raudlatul Athfal Surya Asri Sidoarjo)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Aghnina Fir (2019) Problematika administrasi guru (studi kasus di Raudlatul Athfal Surya Asri Sidoarjo). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aghnina Fir Rohmah_D78214011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang problematika administrasi guru yang terjadi di RA Surya Asri Sidoarjo. Pembelajaran sehari-hari RA Surya Asri tidak menggunakan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) sehingga pembelajaran lebih sering diisi dengan calistung dan kegiatan mewarnai. Hal itu mengakibatkan murid merasa bosan. Sekolah juga tidak memiliki arsip administrasi guru berupa RPPM, Promes, Prota, dan LPAD. Penelitian ini menggunakan perspektif studi kasus dengan pendekatan kualiatif. Penelitian ini menggunakan teknik pemerolehan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah proses memerolehan data selesai, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Penelitian ini menemukan bahwa RA Surya Asri mengalami problematika administrasi guru yang dipengaruhi oleh standar kualifikasi akademik dan standar kompetensi guru. Problematika administrasi guru di RA Surya Asri yaitu 1) problematika kualifikasi akademik guru yaitu guru tidak mempunyai pendidikan minimal S1 PAUD, (2) problematika kompetensi pedagogik guru yaitu merancang dan melaksanakan pembelajaran, (3) problematika kompetensi profesional guru yaitu memahami kurikulum, silabus, dan RPPH. Setelah menggali data dari kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan kepada kepala sekolah dan guru, problematika administrasi guru yang terjadi di RA Surya Asri disebabkan oleh latar belakang pendidikan guru yang tidak sesuai, sekolah tidak mewajibkan membuat tugas administrasi guru, tidak adanya sistem dan koordinasi yang jelas dalam pembuatan tugas adaministrasi guru, dan minimnya gaji guru. Solusi yang ditawarkan oleh penulis adalah guru lebih selektif dalam menerima guru, guru dapat diikutkan kegiatan pelatihan-pelatihan guru PAUD, sekolah mewajibkan pembuatan administrasi guru yang dilakukan secara berkelompok dan ditulis secara softfile sehingga dapat sewaktu-waktu dirubah, menentukan waktu dan sistem pembagian tugas pembuatan adminitrasi yang jelas, pengurusan sertifikasi guru bagi masing-masing guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Aghnina Firaghninafirrahmah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Administrasi
Kepala Sekolah
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Pendidikan > Pendidikan Anak
Persepsi Guru
Uncontrolled Keywords: Administrasi Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Rohmah Aghnina Fir
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:59
Last Modified: 13 Feb 2019 06:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29949

Actions (login required)

View Item View Item