Peran elit politik perempuan ; studi peran legislator perempuan dalam fungsi legislasi DPRD Kabupaten Sidoarjo periode 2014-2019.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusna, Zahrotul (2019) Peran elit politik perempuan ; studi peran legislator perempuan dalam fungsi legislasi DPRD Kabupaten Sidoarjo periode 2014-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotul Khusna_I71215037.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti melihat adanya keterwakilan perempuan yang secara kuantitas walaupun tidak signifikan di DPRD Kabupaten Sidoarjo. Ada dua rumusan masalah terkait penelitian ini 1.) Bagaimana Peran Legislator Perempuan Dalam Fungsi Legislasi di DPRD Kabupaten Sidoarjo. 2.) Bagaimana Kinerja Legislator Perempuan Dalam Fungsi Legislasi di DPRD Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran dan kinerja anggota dewan perempuan di DPRD Kabupaten Sidoarjo. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian kualitatif ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teori yang digunakakan memakai Teori Representasi Hanna F Pitkin dan Teori Gender Robert Stoller. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama dimana peran anggota dewan perempuan yang ada di DPRD Kabupaten Sidoarjo terlihat belum maksimal dan memerlukan upgrading. Karena minimnya suara perwakilan politik kaum perempuan dan tidak ada yang menjadi pimpinan di lembaga DPRD. Namun dengan adanya dua anggota dewan perempuan yang masuk dalam jajaran anggota Bapemperda dapat dikatakan cukup mewakili dalam membuat peraturan daerah, karena yang berperan penting dalam fungsi legislasi adalah Bapemperda. Kedua kinerja yang dihasilkan oleh anggota dewan perempuan sudah baik (progresif) dan menjawab social support kebutuhan masyarakat, dimana upaya-upaya anggota dewan perempuan dalam menampung aspirasi masyarakat, dan mengadakan pelatihan-pelatihan untuk kaum perempuan dan sudah adanya perda yang responsif gender.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusna, Zahrotulzahrotul0109@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Sosiologi
Wanita
Uncontrolled Keywords: Peran; Kinerja; Fungsi Legislasi; Anggota Dewan Perempuan.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Khusna Zahrotul
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:17
Last Modified: 13 Feb 2019 03:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29935

Actions (login required)

View Item View Item