Metode dan Corak Tafsir Al-Asas Karya Darwis Abu Ubaidah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budi, Setio (2019) Metode dan Corak Tafsir Al-Asas Karya Darwis Abu Ubaidah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Setio Budi_E93215081.pdf

Download (4MB)

Abstract

Geliat perkembangan penafsiran Alquran di Indonesia cukup pesat. Hal ini ditandai munculnya embrio kajian tafsir pada masa Sunan Maulana Malik Ibrahim yang berbentuk terjemahan. Kemudian disusul tafsirTurju>mul Mustafid, Marrah Labit, al-Ibri>z, al-Azh>ar, hingga tafsir al-Misbah karya Quraish Shihab. Dan pada dekade ini tafsir pola Al-Misbah banyak yang mengikutinya dengan berbagai pendekatan, salah satunya Darwis Abu Ubaidah dengan tafsirnya Al-Asas.Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah metode dan corak penafsiran yang digunakan oleh Darwis Abu Ubaidah dalam karyanya Tafsir Al-Asas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode dan corak penafsiran yang digunakan Darwis Abu Ubaidah dalam menafsirkan ayat-ayat Alquran. Penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan metode deskriptif-analisis dengan jenis penelitian library reseach. Sumber penelitian ini adalah literer (kepustakaan). Data yang dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan content analysis (analisis isi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyusunan kitab tafsir Al-Asas ini berangkat dari latar belakang empiris Darwis Abu Ubaidah Sebagai dai yang lebih memilih sebuah metode dakwah dengan tafsir yang lebih ‘lues’ dan mengena di masyarakat.Sepanjang penelusuran dan pembahasan data yang didapat. Penelitian ini menemukan kesimpulan bahwa metode yang digunakan adalah metode tahlili (analisis), corak yang digunakan adalah corak fiqhi dan epistemologi Tasir meminjam teori Abdul Mustaqim masuk kategori yang ketiga, yaitu tafsir era reformatif dengan nalar kritis. Sedangkan sumber penafsiran yang digunakan antara lain; Alquran, hadis, qaul sahabat dan tafsir tabi’in. Bukti dalam corak fiqhi ketika menafsirkan surah al-Maidah 35 tentang “takwa, wasilah jihad.”

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budi, Setiosetiobudi660@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Fikih
Al Qur'an
Tafsir
Uncontrolled Keywords: Al-Asas, Darwis, Metode, Corak, Epistemologi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Budi Setio
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:38
Last Modified: 13 Feb 2019 06:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29929

Actions (login required)

View Item View Item