Bimbingan dan konseling islam dengan strategi restrukturing kognitif untuk mengatasi mahasiswa UIN Sunan Ampel yang kecanduan game online

Efendi, Moh Badrus (2019) Bimbingan dan konseling islam dengan strategi restrukturing kognitif untuk mengatasi mahasiswa UIN Sunan Ampel yang kecanduan game online. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Badrus Efendi_B73214068

Download (3MB)

Abstract

Bimbingan Konseling Islam dengan Strategi Restrukturing Kognitif untuk mengatasi mahasiswa UIN Sunan Ampel yang kecanduan pada game online.Permasalahan yang diangkat dalam masalah ini adalah (1) Bagaimana proses terapi Restrukturing Kognitif untuk mahasiswa yang kecanduan pada game online?, (2) Bagaimana hasil akhir terapi Restrukturing Kognitif untuk mahasiswa yang kecanduan pada game online ?.Stratetgi Restructuring Kognitif adalah cara penerapan strategi yang menitikberatkan pada kasus konseli berupa cara berfikir yang negative dalam belajar, tidak tertarik pada mata pelajaran kuliahnya, terpaku pada hobi bermainnya yang mengakibatkan dampak kurang baik pada konseli. Kurang tertarik pada perkuliahan adalah perkuliahan yang dimana mahasiswa bisa nyaman dan menyenangkan sehingga informasi yang mata kuliah dapat dengan mudah diserap oleh mahasiswa.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis yang digunakan tersebut untuk mengetahui proses serta keberhasilan pelaksanaan strategi restructuring kognitif untuk mahasiswa yang kecanduan pada game online. Serta membandingkan keadaan konseli sebelum dan sesudah proses mendapatkan konseling melalui strategi tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini melalui dokumentasi hasil observasi dan wawancara dari konseli serta informan.Berdasarkan hasil analisis, terdapat pengaruh yang positif dalam penggunaan strategi Restrukturing Kognitif untuk mahasiswa yang kecanduan pada game online. Setelah mendapatkan terapi konseli menunjukkan tanda ada sedikit perubahan meskipun belum maksimal. Yaitu; Membantu pekerjaan Ayahnya, Konseli memerhatikan dosen diwaktu perkuliahan,Konseli mulai aktif perkuliahan.

Email: badrusefendi6@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rofiq, Arif Ainur
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam, Strategi Restructuring
Subjects: Bimbingan Konseling
Tehnik Informatika
Teknologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Efendi Moh Badrus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:17
Last Modified: 14 Feb 2019 07:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29910

Actions (login required)

View Item View Item