Kontruksi sosial pada perayaan Idul Adha bagi Masyarakat Dusun Tawar Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihuddin, Muhamad (2019) Kontruksi sosial pada perayaan Idul Adha bagi Masyarakat Dusun Tawar Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Sholihuddin _I03215010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peryaan Idul Adha bagi masyarakat dusun Tawar dalam Kontrkuksi Sosialnya. Selain itu juga melihat hubungan masyarakat dalam perayaan Idul Adha dusun Tawar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisa dengan menggunakan Teori Peter L. Berger yaitu kontruksi sosial. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat kontruksi sosial yang terdapat atau yang terbangun di masyarakat dusun Tawar adalah dari bentuk kontruksi sosial yang dikemukakan oleh Peter L. Berger diantaranya; Dengan Konsep proses sosial Peter l. Berger yang terkenal menggunkap makna perayaan Idul Adha di Dusun Tawar untuk mengungkap fenomena fenomena sosial dengan cara momen momen seperti eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi yang mengupas kontruksi sosial yang berasal dari ciptaan manusia atau individu individu di masyrakat DusunTawar dalam hal memaknai ritual Agama yaitu peraayaan idul adha. dan melihat hubungan sosial mereka dalam perayaan Idul Adha di Dusun Tawar, ritual Agama ini salah satu sebagai hal menarik untuk membuat mereka sadar dalam lingkungan untuk berbagi sesama manusia. Dalam hal ini di temukan bahwa perayaan Idul Adha di dusun Tawar, masyarakat memaknai perayaan Agama ini sangat antusias di karenakan kontruksi sosial dari tokoh Agama dan hubungan sosial di dusun Tawar ini sangatlah baik karena di lihat dalam perayaan Idul Adha ini gotong royong sangat terasa dan karena perayaan ini juga membuat hubungan mereka tambah harmonis, gurub rukun dalam bermasyarakat, dan juga di temukan bahwa masyarakat Dusun Tawar terkontruksi dengan Idul Adha sehingga dalam perayaan ini adalah menjadikan mereka tanpa di suruh tanpa apapun mereka dengan rasa yang memwajibkan mereka mengeluarkan hewan untuk Qurban dan menjadi budaya perayaan Idul Adha Masyarakat Dusun Tawar dalam perayaan ini mereka menarik budaya yang di luar tentang mengeluarkan hewan Qurban di masukan kedalam diri individu masyarakat Dusun Tawar sehingga setiap warga Dusun Tawar sudah terbiasah dan tentang perayaan ini sudah terkontruksi kedalam diri individu, di lakukan setiap tahun dan juga sudah menjadi budaya yang sedemikian rupa dan juga bisa disebut bahwa masyarakat Dusun Tawar adalah masyarakat yang sosial Muslim dalam perayaan Idul Adha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihuddin, Muhamadbimaindah9701@gamil.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Hewan Kurban
Kurban
Sosiologi Islam
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Konstruksi sosial; Idul Adha
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Sholihuddin M
Date Deposited: 19 Feb 2019 01:45
Last Modified: 19 Feb 2019 01:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29908

Actions (login required)

View Item View Item