شخصيات الأشخاص في مسرحية مأساة أوديب لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Fitrotul (2019) شخصيات الأشخاص في مسرحية مأساة أوديب لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel surabaya.

[img] Text
Fitrotul Ummah_A91214112.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “kepribadian tokoh dalam drama tragedy odeb” karya Ali Ahmad Bakatsir dengan menggunakan teori Sigmund Frued, yaitu menganilisis karakter kepribadian empat tokoh, yakni Odeb, Jokasta, Kreon dan Tirzias. Empat tokoh tersebut diambil dari tokoh utama dan tokoh kedua yang menceritakan tentang tragedi yang terjadi pada odeb dan kerajaannya, tragedi tersebut terjadi karna odeb yang membunuh ayah kandungnya dan menikahi ibunya sendiri yaitu Jokasta. Karena itu kepribadian mereka sangat menarik untuk diteliti. Dengan adanya latar belakang tersebut, penulis mengambil rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah kepribadian tokoh utama dalam drama tragedi odeb karya ali ahmad bakatsir? Dan 2) Bagaimanakah kepribadian tokoh kedua dalam drama tragedi odeb karya Ali Ahmad Bakatsir?. Penelitian ini hanya fokus pada tokoh utama dan tokoh kedua. Untuk menjawab persoalan diatas, dalam menganalisis karakter kepribadian Odeb, Jokasta, Kreon dan Tirzias dalam drama Tragedi Odeb karya Ali Ahmad Bakatsir, peneliti menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Deskriptif ialah metode yang memaparkan hasil analisis karakter kepribadian Odeb, Jokasta, Kreon dan Tirzias menurut teori Sigmund Frued. Kualitatif ialah metode analisis yang tidak menganggap remeh semua aspek dalam data dan tidak berupa angka – angka. Hasil dari analisis karakter kepribadian Odeb dalam drama Tragedi Odeb karya Ali Ahmad Bakatsir yang lebih banyak adalah ego, kepribadiannya yaitu dapat dipercaya, cerdas, berkuasa, sedangkan kepribadian Jokasta yang lebih banyak adalah ego, kepribadiannya yaitu wanita yang lemah, menghormati suaminya, mudah kuatir, dan wanita pemberani. Dan kepribadian Kreon yang lebih banyak adalah Id, kepribadiannya yaitu patuh, dan baik. Dan kepribadian Tirzias yang lebih banyak adalah Id, kepribadiannya yaitu pemalu, mudah bersyukur dan buta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Fitrotulummahlia9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: krakter kepribadian; tokoh; tragedi odeb
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ummah Fitrotul
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:08
Last Modified: 15 Feb 2019 03:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29896

Actions (login required)

View Item View Item