Peningkatan keterampilan sosial Menggunakan metode role play permainan imajinatif Pada kelompok b Taman Kanak-Kanak (Tk) Brilliant Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajarani, Rahmadhania Whinrof (2019) Peningkatan keterampilan sosial Menggunakan metode role play permainan imajinatif Pada kelompok b Taman Kanak-Kanak (Tk) Brilliant Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmadhania Whinrof Fajarani_D08214009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan sosial anak dalam proses belajar mengajar. Hal itu dapat dilihat dari proses belajar yang terlalu monoton sehingga anak terlalu banyak diam atau pasif saat pembelajaran serta ada juga yang berbicara sendiri dengan teman sebangkunya. Maka dilakukan metode role play permainan imajinatif agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan anak menjadi aktif bersosialisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah a) Bagaimana Keterampilan Sosial anak Kelompok B di TK Brilliant Waru Sidoarjo Sebelum Penggunaan Metode Role Play Permainan Imajinatif?, b) Bagaimana Penggunaan Metode Role Play Permainan Imajinatif terhadap Keterampilan Sosial anak Kelompok B TK Brilliant Waru Sidoarjo?, c) Bagaimana Peningkatan Keterampilan Sosial Sesudah menggunakan Metode Role Play Permainan Imajinatif pada anak Kelompok B TK Brilliant WaruSidoarjo?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak menggunakan metode role play permainan imajinatif yang dilakukan pada Kelompok B di TK Brilliant Waru, Sidoarjo Tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas / PTK Model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus.Subyek penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Brilliant yang berjumlah 10 anak.Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta wawancara.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada saat pra siklus keterampilan sosial anak tergolong rendah dengan persentase 30%, namun saat guru melaksanakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 60%, namun nilai tersebu tmasih dibawah nilai minimum, kemudian guru melakukan siklus II dan mendapatkan hasil yang baik yaitu 90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak meningkat dengan menggunakan metode role play permainan imajinatif. Hasil observasi pra siklus sebagian besar keterampilan sosial anak berada pada rata-rata 45,82. Pada siklus I terdapat peningkatan yakni sekitar 58,31. Dan pada siklus II anak pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH) terdapat 9 anak yang tuntas dengan rata-rata 80,82. Serta anak yang mengalami peningkatan dari siklus I yang hanya 66,67 untuk anak menjadi 83,33 dan 73,33 untuk guru menjadi 81,66. Berdasarkan hasil proses belajar keterampilan sosial menggunakan metode role play permainan imajinatif mengalami peningkatan mulai dari pra siklus, tindakan pada siklus I maupun siklus II. Dan pada siklus II terdapat anak yang tuntas atau berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik yaitu 9 dari 10 siswa. Maka, metode role play permainan imajinatif dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan sosial anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajarani, Rahmadhania Whinrofrahmadhania.wf@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Uncontrolled Keywords: Role Play Permainan Imajinatif; Ketrampilan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Fajarani Rahmadhania Whinrof
Date Deposited: 13 Feb 2019 07:15
Last Modified: 13 Feb 2019 07:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29886

Actions (login required)

View Item View Item