Rational Emotive Behavioral Theraphy (REBT) Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Seorang Wanita Pasca Perceraian Di Bintulu, Sarawak

Ali, Afiif (2019) Rational Emotive Behavioral Theraphy (REBT) Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Seorang Wanita Pasca Perceraian Di Bintulu, Sarawak. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afiif Bin Ali_B43212058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses REBT dalam meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita pascaperceraian di Kampung Asy-Syakirin, Bintulu, Sarawak? (2) Bagaimanakah hasil REBT dalam meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita pascaperceraian di Kampung Asy-Syakirin, Bintulu, Sarawak? Dalam membahas permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan analisis deskriptif komparatif. Dalam bab III peneliti mendeskripsikan permasalahan yang dialami konseli serta cara menanganinya, dan dalam bab IV peneliti mengkomparasikan kondisi konseli sebelum dan sesudah diberikan Treatment. Dalam proses meningkatkan rasa percaya diri pada seorang wanita pascaperceraian dengan menggunakan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) yang terdiri dari beberapa langkah yakni tahap pertama (pengajaran), tahap kedua (persuasive), tahap ketiga (konfrontasi), tahap keempat (pemberian tugas), dan tahap kelima (ending). Adapun informan penelitiannya adalah orang tua atau keluarga konseli, tetangga konseli, dan konseli sendiri. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi dan data, display (penyajian data) dan verifikasi (pengambilan kesimpulan). Hasil penelitian dari pelaksanaan terapi REBT dapat di katakan berhasil, dilihat dari pengamatan peneliti pada saat sebelum dan sesudah proses konseling di lakukan, konseli sudah mulai menunjukkan perubahan lebih percaya diri dengan kemampuan yang dia miliki, mampu berfikir secara logis dan rasional, dan lebih berani bersosialisasi atau bercengkrama dengan teman-temannya mulai berani mengutarakan argumentasinya ketika ada diskusi.

Email: ameek94@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rofiq, Arif Ainur
Uncontrolled Keywords: Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT); Rasa Percaya Diri; Perceraian
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Afiif Afiif Bin Ali
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:44
Last Modified: 12 Feb 2019 06:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29871

Actions (login required)

View Item View Item